Kesehatan

11 Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Ibu Hamil

11 Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Ibu Hamil 11/04/2018Leave a comment

Anggur adalah buah yang memiliki kandungan glukosa alami yang tinggi hingga dapat memberi kesegaran pada tubuh. Selain rasa yang cukup manis dan segar,anggur juga memiliki kandungan alcohol yang cukup tinggi.

Bagi ibu hamil,amatlah penting diperhatikan untuk membatasi mengkonsumsi anggur merah,tidak boleh terlalu banyak karena anggur memiliki kandungan alcohol yang cukup tinggi. Batasi dalam mengkonsumsi anggur dalam volume tidak lebih dari 50 gr. Kandungan alcohol yang cukup tinggi pada anggur sangat tidak baik untuk kesehatan janin,seperti hal nya durian. Oleh karena itu buah anggur ini termasuk buah yang memang menjadi pantangan bagi ibu hamil.

Meskipun tergolong sebagai pantangan,buah anggur bukan berarti tidak boleh di konsumsi bagi ibu hamil,akan tetapi harus di batasi jumlahnya saat mengkonsumsi. Kandungan dalam buah anggur adalah terdapat Vitamin A,B1 dan C ,Magnesium,kalsium,zat besi,beta karotin,fosfor,asam folat,serat,Omega 3 dan DHA didalamnya.

Manfaat anggur bagi ibu hamil sebenarnya begitu banyak,jika di konsumsi dalam jumlah wajar,maka manfaat yang bisa di dapat adalah sebagai berikut:

1. Membentuk Tulang Dan Gigi

Manfaat anggur ini adalah mengoptimalkan pertumbuhan janin serta tulang pada ibu hamil. Kandungan folat serta kalsium pada anggur juga dapat membantu pembentukan tulang dan gigi pada si janin.

2. Mencegah Anemia

Saat memasuki trimester tahab ke 2,biasanya ibu hamil sering mengalami anemia. Pada usia tersebut pertumbuhan janin pun sangat pesat hingga sel darah merah dalam tubuh terbagi menjadi 2,yaitu untuk si janin dan ibu. Kandungan zat besi yang ada dalam anggur merah jika di konsumsi dalam taraf wajar akan membantu ibu hamil terhindar dari anemia.

3. Membantu Perkembangan Otak Janin

Kandungan asam folat pada anggur merah sangat baik untuk membantu perkembangan otak pada janin,karena memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Mengurangi resiko cacat otak pada janin saat lahir
  • Membantu pembentukan tabung otak bagi janin
  • Membentuk syafat otak pada janin

4. Pembentukan Syaraf Pusat

Omega 3 dan DHA sangat penting bagi ibu hamil serta membantu membentuk syaraf pusat pada janin.

5. Pembentukan Sumsum Tulang Belakang

Sumsum yang letaknya di tulang bagian punggung ini adalah organ yang sangat penting bagi janin. Tanpa adanya sumsum pada tulang belakang,pertumbuhan janin pun akan terhambat dan tidak bisa berkembang,akibatnya jika lahir anak tersebut tidak akan dapat duduk atau pun berdiri,dia hanya mampu berbaring saja. Kandungan folat pada anggur merah sangat mempunyai peran penting bagi pertumbuhan sumsum tulang belakang pada janin.

6. Meningkatkan Sistem Imun.

Ibu hamil yang rentan sekali terkenan penyakit seperti batuk,demam,flu dan lain-lain harus pandai menjaga kesehatan. Kandungan vitamin C yang ada pada buah anggur dapat membantu meningkatkan system imun pada tubuh. Semakin meningkatnya system imun dalam tubuh akan menjaga tubuh kita atau ibu hamil sekalipun agar terhindar dari penyakit.

7. Meningkatkan Kinerja Ginjal

Sedikitnya produksi urin oleh ibu hamil biasanya disebabkan karena gangguan yang terjadi pada ginjal. Anggur merah memiliki sifat alkaline forming yang memiliki manfaat memperbaiki kinerja ginjal dan fungsi ginjal.

8. Pembersih Toksin

Serat yang ada pada buah anggur dapat membantu membersihkan toksin yang ada dalam tubuh ibu hamil. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Serat mampu melancarkan system pencernaan
  • Serat mampu membersihkan toksin pada usus
  • Serat dapat membantu membuang toksin melalui urin dan BAB
  • Setelah toksin dalam usus bersih,maka usus menjadi sehat serta terbebas dari racun berbahaya bagi tubuh

9. Mengatasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol pada ibu hamil biasanya disebabkan karena tingginya kadar LDL dalam tubuh. Ini juga menyebabkan ibu hamil terserang hipertensi. Untuk itu anggur merah ini mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi serta menormalkan tekanan darah pada ibu hamil.

10. Membersihkan Lemak Jahat

Gemuk yang ada pada ibu hamil dikarenakan oleh lemak yang ada pada tubuhnya. Banyaknya lemak jahat yang menempel pada tubuh biasanya cenderung membuat ibu hamil mudah terkena komplikasi seperti hipertensi,jantung dan pembuluh darah yang menyempit. Manfaat alkaline forming lah yang akan membantu ibu hamil mengalami pelebaran pembuluh darah hingga akan terhindar dari komplikasi penyakit tsb.

11. Menstabilkan Metabolisme

Saat hamil,hormon dan metabolisme didalam tubuh mengalami ketidak stabilan. Maka dari itu ibu hamil di anjurkan mengkonsumsi anggur ini secara wajar (dalam porsi yang cukup) untuk menstabilkan metabolisme dalam tubuh.

Demikianlah 11 manfaat pada anggur merah yang dapat saya jelaskan.Semoga informasi ini baik dan bermanfaat bagi semuanya.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Menerapkan pola hidup sehat serata pola makan yang sehat sangat baik untuk menjaga kesehatan kita. Apalagi bagi Ibu hamil. Sangat penting menjaga pola makan supaya tetap sehat.

Makanan yang baik tidah hanya dalam bentuk sayur ataupun lauk,melainkan buah buahan segar. Contohnya buah naga. Buah ini sangat di percaya kaya akan serat,vitamin C dan Zat besi.

Disini saya akan sedikit berbagi mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil,baca sampai habis ya…

1. Kaya Akan vitamin C

Banyak sekali manfaat vitam,in C yang ada dalam buah naga. Selain dapat menjaga metabolisme dalam tubuh,juga dapat membantu perkembangan gigi dan tulang pada janin dalam kandungan. Vitamin C ini juga dapat membantu ibu hamil dalam melancarkan pencernaan.

2. Sumber Karbohidrat

Buah naga mampu menjadi sumber karbohidrat yang di butuhkan oleh tubuh pada ibu hamil.Karbohidrat ini sendiri berfungsi sebagi sumber energy bagi ibu hamil dan janin.

3. Sumber Serat

Buah naga memiliki 3gram kandungan serat persajian. Tambahkan potongan-potongan buah naga ini sebagai menu tambahan pada salat atau camilan buah agar tubuh mendapatkajn cukup serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Kandungan Zat Besi

Kandungan zat besi pada buah naga ini mencapai 10,6% ,hingga cukup untuk memenuhi zat besi yang di butuhkan oleh ibu hamil serta janin. Zat besi yang di hasilkan oleh buah naga ini mampu menghindarkan ibu hamil dari anemia.

5. Antioksidan

Antioksidan biasanya disebut juga penangkal kanker, pengontrol kolesterol sehat,dan mengembangkan kesehatan otak. Dalam buah naga mempunyai cukup antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Demikian 5 manfaat yang ada pada buah naga. Masih banyak lagi manfaat pada buah naga yang akan saya sampaikan pada artikel berikutnya ya. Jadi,terus baca dan ikuti informasi-informasi penting yang bermanfaat disini.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Kacang hijau termasuk kacang-kacangan yang menghasilkan protein nabati yang tinggi. Kacang hijau dapat disajikan menjadi beberapa ragam makanan. Selain beragam,pastinya kacang hijau sangat penting dan banyak mempunyai manfaat bagi ibu hamil dan janin. Simak yuk apa saja kandungan yang ada dalam kacang hijau ini serta manfaatnya,

Kandungan dalam kacang hijau meliputi:

  • Vitamin
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Asam folat
  • Protein
  • Lemak
  • Mineral
  • Protein

Manfaat dari kacang hijau,meliputi:

  • Sebagai Pasokan Energi
  • Mencegah Kecacatan
  • Asupan Gizi dan Nutrisi
  • Mencegah Gangguan Tulang
  • Melancarkan system Pencernaan
  • Mencegah Anemia
  • Mempercepat penyembuhan Luka
  • Membantu mencerdaskan janin
  • Menjaga kesehatan Jantung
  • Mencegah Prematur
  • Mengurangi resiko depresi pasca melahirkan
  • Membantu Pertumbuhan Rambut

Demikianlah manfaat yang ada pada kacang hijau. Alangkah baik dan banyak kan manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi kacang hijau ini. Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi semua pembaca. Salam sehat selalu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *