Kecantikan

Cara Alami Merawat Kulit Tetap Segar Selama Puasa

Cara Alami Merawat Kulit Tetap Segar Selama Puasa 19/04/2018Leave a comment

Selama bulan Rhamadhan tentunya keluhan seperti dehidrasi sering kita dengar, karena masalah dehidrasi ini sering kali membuat kulit kita tampak kering, begitu juga dengan kulit wajah. Hal inilah yang membuat kita basanya cenderung tidak bersemangat, lemah, lesu, dan tampak lebih sensitif. Padahal tujuan dari puaa adalah melatih kita untuk menahan segala hawa nafsu dan emosi, menahan haus dan lapar. Sudah sewajarnya jika semua itu membuat kita menjadi kekurangan cairan hingga menimbulkan masalah kering pada kulit.

Walaupun kita harus menghadapi masalah kekeringan pada kulit karena dehidrasi, bukan berarti kita hanya bisa diam tanpa upaya membiarkan kulit kita tampak kering dan kusam. Dengan adanya masalah ini, kita harus menerapkan pola hidup yang sehat, make up yang sesuai agar supa kita dapat tetap menjaga kulit kita tampak segar saat menjalani ibadah puasa.

Dibawah ini saya akan membagikan beberapa tips alami untuk merawat kulit supaya tetap terlihat segar selama menjalani ibadah puasa. Berikut silahkan di baca ya…

  1. Menjaga Kelembaban Kulit, Tidak ada yang sulit jika kita mau menjaga kondisi kulit kita agar supaya tetap lembab dengan cara mengurangi aktifitas dengan menaikan kuantitas yang biasa dilakukan seperti : Mandi terlalu lama dan gunakan air biasa (jangan menggunakan air hangat), memilih bahan untuk perawatn kulit yang alami (bukan produk kemasan yang mengandung wangi,warna atau antibakteri), selama untuk beraktifitas gunakan pelembab kulit dan wajah untuk perlindungan paparan sinar UV yang dapat membuat kulit tampak kering.
  2. Olah Raga Rutin, Meskipun sedang berpuasa, anda tetap harus melakukan olah raga semampunya, upayakan tubuh tetap mengeluarkan keringat. Karena dengan berolah raga kita dapat berkeringan sehingga sirkulasi dalam darah da aliran darah tetap stabil keeluruh tubuh, termasuk kulit. Lakukan olah raga 30 menit sebelum berbuka puasa, atau setelah berbuka dengan cukup minum air putih sebelum makan besar. Waktu untuk berolah raga yang tepat saat puasa adalh di waktu tersebut. 
  3. MakeUp Yang Sesuai, Untuk menutupi kulit wajah yang kering saat puasa tentunya salah satu jalan kelaur adalah dengan menggunakan make up yang sesuai agar wajah kita tetap tampak lembab dan segar. Nah cara nya adalah : Pelembab untuk perlindungan ( gunakan pelembab yang mempunyai kandungan SPF atau gunakan BB Cream untuk melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari, serta tetap membuat kulit wajah tampak kenyal dan lembab). Menyamarkan Noda (Gunakan concealer untuk menutup bagian lingkar gelap bawah mata serta noda jerawat, gunakan secukupnya dan jangan terlalu tebal demi menghindari tampaknya penutupan). Menyesuaikan kebutuhan ( Gunakan bedak ringan seperti bedak tabur untuk memoles area wajah,jangan terlalu tebal agar dapat menghasilkan wajah tampak tetap alami). Rona Segar ( Balurkan blush pada bagian pipi dengan menggunakan warna pink atau coral,supaya menambah kesan alami dan segar pada wajah, jagn gunakan lipstik dengan bahan matte, cukup gunakan liptint agar bibir tampat tidak kering dan tetap segar). 
  4. Konsumsi Superfood, Makanan seperti salmon, tea hijau, goji berry, ubi jalar dan chia seed adalah makanan rahasia yang dapat membuat kulit wajah kita tampak lembab dan tampak bercahaya. Dampingi makanan ini dengan cukup konsumsi air putih serta pemakaian tabir surya secara teratur.

Mengatasi Kulit Kering saat Puasa

Selama bulan puasa sudah tentu kita akan mengalami yang namanya dehidrasi kulit, hingga menyebabkan kulit kita tampak kering. Tapi, sebenarnya kita dapat mengatasi masalah ini dengan beberapa cara.

Dibawah ini saya akan sedikit berbagi tentang cara mengatasi kulit kering saat puasa, yuk dikepoin:

  • Pastikan saat berbuka puasa makanlah makanan yang berkuah, dan disertai minur air mineral 8 gelas hingga menjelang puasa kembali hari berikutnya,
  • Kompres bagian kantong mata/mata menggunakan tea saat beristirahat. Upayakan tidur cukup selama 8 jam, upayakan mengurangi konsumsi garam agar menghindari mata sembab,
  • Hindari minuman bersoda atau karfein karena tidak ada nutrisi didalamnya,
  • Agar kulit tidak mudah kering, gunakan tabir surya tiap pagi dan siang hari untuk perlindungan wajah dari paparan sinar UV,
  • Konsumsi makanan yang bernutrisi,
  • Konsumsi buah dan sayur yang sehat selam bulan puasa, ini akan membantu kita terhindar dari dehidrasi kulit,
  • Gunakan spray penyegar wajah seperlunya tiap kali membutuhkan, ini akan membantu menjaga kelembaban pada kulit wajah,
  • Menghindari terjadinya iritasi pada kulit wajah,baiknya jangan menggunakan make up terlalu tebal.
  • Olahraga teratur dan secukupnya.

Nah,diatas adalah beberapa tips menghindari kulit kering selama bulan puasa. Dengan berpuasa sudah tentu kulit akan mengalami kekeringan, untuk mengatasinya hal-hal diatas sangatlah bagus dilakukan pada saat berpuasa.

Mengatasi Bibir Pecah-Pecah saat Berpuasa

Beragam hal di alami tiap orang yang sedang menjalankan ibadah puasa, dari yang kulit kering hingga bibir pecah-pecah.Permasalahan kesehatan itu cukup menganggu saat menjalankan ibadah puasa tentunya.

Nah untuk menjaga kelancara ibadah puasa kita,saya akan bagi tips untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah supaya tetap nyaman dan lancar menjalani ibadah puasa. Berikut tips nya,

  • Perbanyak konsumsi air putih, ( konsumsi air putih minimal 8 gelas dari buka hingga sahur untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah).
  • Hindari minuma yang bersoda dan kafein pada saat buka dan sahur, (karena kurangnya nutrisi pada minuman bersoda dan kafein,tentunya ini akan sangat tidak baik bagi tubuh kita saat menjalani ibadah puasa).
  • Hindari makanan asin dan pedas, (Makanan asin dan pedas adalah pemicu timbulnya bibir kering dan pecah-pecah,oleh sebab itu selama ibadah puasa baiknya hindari makanan asin dan pedas)
  • Gunakan Lip Blam, ( Lip Blam berfungsi sebagai pelindung bibir agar tidak mudah pecah,dia memberi vitamin yang dapat melembabkan bibir, serta melindungi bibir dari kekeringan),
  • Hilangkan sel kulit mati pada bibir , (Bersihkan area bibir yang terlanjur kering serta pecah-pecah, kemudian secara rutin lakukan perawatan pada bibir supaya terhindar dari masalah bibir pecah-pecah dan kering),
  • Gunakan Madu dan lidah buaya, (Gunakan kedua bahan tersebut untuk perawatan pada bibir kering dan pecah-pecah. Oleskan madu atau lidah buaya pada saat malam sebelum tidur dan bersihkan menjelang  sahur, itu akan cukup membantu kita dalam melindungi bibir dari kekeringan serta pecah-pecah)

Nah demikianlah tips-tips supaya kita terhindar dari masalah bibir pecah-pecah ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya. Selamat mencoba dan selamat menjelang Ibadah Puasa bulan Rhamadhan. Salam sehat selalu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *