Kecantikan

Cara Meluruskan Rambut Ikal

Cara Meluruskan Rambut Ikal 13/04/2018Leave a comment

Rambut ikal memiliki keunikan saat di tata. Akan tetapi tidak banyak yang bisa kita lakukan dengan model gaya rambut dengan jenis rambut ikal. Beda sekali dengan rambut lurus yang amat sangat mudah untuk kita atur dan kita tata dengan berbagai gaya. Rambut ikal biasanya juga identik dengan jenis rambut kering dan patah-patah. Banyak yang bilang,rambut ikal juga sangat sulit perawatannya.

Nah,disini akan saya jelaskan mengenai cara meluruskan rambut ikal secara tepat selain dengan cara rebonding. Dengan tampilan rambut lurus akan memudahkan kita untuk penataan gaya rambut. Berikut penjelasannya:

Tahap Pertama (Keramas)

1. Mencuci Rambut

Keramaslah menggunakan shampoo kemudian gunakan conditioner rambut. Proses ini akan memudahkan rambut untuk kita luruskan. Rambut ikal biasanya mudah kusut dan rengket,maka dari itu ,pergunakan conditioner hingga beberapa saat setelah menggunakan shampoo. Sisir rambut menggunakan sisir yang bergigi lebar,guna untuk merapikan rambut dari kekusutan. Gunakan air hangat untuk membilas rambut yang telah di conditioner.Setelah terasa kesat,bilas ulang menggunakan air dingin hingga bersih. Ini akan memberikan dampak kilap dan lembut pada rambut.

2. Conditioner Kering

Untuk melindungi rambut dari kekeringan dan panas sinar matahari,oleskan conditioner tanpa bilas ke seluruh batang rambut. Ini berguna akan rambut lebih mudah lurus.

3. Keringkan  Rambut

Pergunakan kain berbahan mikro untuk mengusap rambut supaya meresap air dan lebih cepat mengeringkan rambut. Jangan gunakan metode menggosok rambut karena akan memberi dampak pada rambut kembali ikal saat kering.

4. Sisir Rambut

Seletelah mengeringkan rambut dengan kain berbahan mikro,sisir lah rambut menggunakan sisir yang bergigi lebar. Ini bertujuan untuk meluruskan rambut hingga bertahan lebih lama.

5. Semprotkan Cairan Pelindung Panas Untuk Rambut

Ini biasanya berbentuk cair,gel dan dengan kemasan semprot. Produk ini biasanya berperan sebagai anti kusut untuk memudahkan alat pelurus rambut. Gunakan secara merata untuk melindungi rambut pada proses pelurusan ini.

Tahap Kedua (Mengeringkan Rambut)

1. Mengeringkan dan Meluruskan Rambut

Gunakan sisir bulat guna untuk meluruskan rambut. Arahkan sisir masuk kedalam agar aman dr suhu panas pengering rambut. Lakukan secara perlahan hingga rambut benar-benar kering (gunakan suhu sedang pada pengeringan rambut,karena suhu yang terlalu tinggi justru dapat merusak rambut).

2. Belah Rambut

Belah rambut menjadi 3-5 bagian dari atas hingga bawah. Sisakan bagian paling bawah rambut dan naikan sisanya ke bagian atas agar memudahkan proses pelurusan rambut dengan alat pelurus rambut.

3. Pilih Catok Rambut (Luruskan Rambut)

Pilihlah alat pelurus rambut yang tepat sesuai dengan jenis rambut. Jika memiliki jenis rambut ikal,gunakan pelurus rambut dengan bahan lempengan emas atau tinanium. Sedang kan untuk rambut normal,bisa kita menggunakan alat pelurus rambut yang berbahan keramik. Untuk proses pelurusan yang maksimal,gunakan alat pelurus yang ber ukuran lebar 4cm, tidak kurang maupun tidak lebih.

4. Gunakan Catok Rambut

Mulai gunakan pelurus rambut sedikit demi sedikit. Ambil bagian rambut setebal 2,5cm. Tarik secara lurus dari bagian akar (atas )rambut hingga ke ujung. Tarikan yang sedikit kencang dan kuat akan mempercepat lurusnya rambut. Ini semua bergantung pada tingkat ketegangan rambut. Akan semakin mudah proses pelurusan rambut.

Tahab Ketiga (Menyelesaikan dan Menahan Tatanan Rambut)

1. Buat Gaya sesuai keinginan

Anda bisa menentukan gaya yang di inginkan. Jika ingin rambut lurus total,luruskan posisi tarikan alat pelurus pada rambut. Jika ingin ada aksen melengkung di bawah,dapat secara mudah melengkungkan posisi alat pelurus pada bagian bawah rambut. Begitu juga dengan poni. Gunakan alat pelurus rambut dengan cara meliukan kebagian dalam .

2. Gunakan Serum Rambut

Oleskan serum pada rambut secara merata ke seluruh bagian rambut. Serum ini akan memberi dampak yang lembut serta berkilau pada rambut. Dapat juga menyemprotkan hairspray pada bagian akar rambut agar menjaga agar rambut tidak mudah kusut.

3. Pertahankan Gaya Rambut

Setelah melakukan semua proses dari awal tentunya kita ingin hasil ini bertahan lama. Untuk menjaga agar rambut tidak mudah rusak,hindari pelurusan menggunakan alat ini setiap hari. Lakukan setidaknya 2 kali seminggu. Lakukan ini secara rutin. Gunakan shampoo kering atau bedak tabur (bedak bayi) disaat rambut mulai berminyak. Ini berfungsi sebagai penyerapan minyak pada rambut agar tidak lepek. Hindarkan dari air. Jenis rambut ikal biasanya mudah sekali kembali saat terkena air. Gunakan jepit rambut/Shower cap pada saat mandi untuk menghindarkan cipratan air pada rambut. Jangan sering memegang rambut karena akan menjadikan rambut tampak kusut. Gunakan alat pelurus pada bagian-bagian yang memudar saja. Aplikasikan serum rambut supaya rambut tidak mudah kusut dan menjaga kelembutan dan kilau pada rambut. Sanggul rambut saat rambut mulai benar benar berminyak.Gunakan jepit atau bandana untuk mengikat rambut kearah belakang untuk menghindari kelembaban pada rambut pada umumnya.

Demikianlah tips dan cara meluruskan rambut ikal tanpa harus di rebonding. Semoga tips ini dapat memudahkan kalian yang ingin meluruskan rambut di rumah sendiri. Semoga bermanfaat ya.

Cara Melemaskan Rambut

Banyak sekali masalah kerusakan pada rambut. Rambut kering,rontok,pecah-pecah dan sulit di atur. Setiap orang tentunya ingin memiliki rambut yang sehat dan mudah di atur. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk perawatan rambut rusak. Bermacam-macam obat rambut yang muncul guna untuk mengatasi masalah masing-masing rambut. Akan tetapi,disini saya akan sedikit menjelaskan mengenai cara melembutkan rambut supaya mudah di atur serta menjaga kesehatan pada rambut secara alami dengan bahan alami juga. Simak berikut ini:

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C sangat bagus dijadikan sebagai bahan untuk melembutkan rambut. Serta merawat rambut dari berbagai masalah kerusakan.

Zat yang ada dalam jeruk nipis sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan rambut. Caranya cukup mudah,hanya dengan menyiapkan air sari jeruk nipis ini untuk di oleskan pada setiap bagian rambut dari akar hingga ujung rambut secara merata. Lakukan 2 kali seminggu untuk hasil rambut ehat dan lembut lebih maksimal.

2. Santan Kelapa

Santan kelapa yang mengandung lemak nabati sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk melemaskan rambut serta menyehatkan rambut secara alami. Rambut akan tampak mudah di atur dengan menggunakan perawatan menggunakan santan kelapa ini. Gunakan untuk perawatan rambut dengan cara mengambil sari santan kelapa parut (jangan santan yang sudah di kemas dan di jual di mini market).

Lakukan perawatan ini secara teratur hingga 2 kali seminggu untuk mendapat kan hasil rambut yang benar-benar lembut dan sehat. Cara ini baik dilakukan untuk jangka panjang.

3. Susu

Gunakan susu segar sebagai bahan yang di gunakan (jangan susu yang manis). Dengan berbahan dasar susu,rambut akan tampak lebih sehat alami serta lembut dan mudah di atur. Campurkan susu tawar dengan sedikit air. Masukan dalam kemasan botol yang bisa d semprotkan. Semprotkan kesetiap bagian rambut hingga merata kemudian biarkan beberapa saat sebelum proses bilas. Hasil melemaskan rambut mengenakan susu ini akan langsung terlihat saat pertama kali perawatan. Lakukan treatment ini pada rambut secara rutin,2 kali seminggu untuk hasil yang benar-benar maksimal.

Nah ,diatas adalah cara untuk melemaskan rambut secara alami dan tepat. Bagi kalian yang memiliki masalah rambut kering ran mengembang dan sebaginya. Kalian bisa memakai cara ini untuk mengembalikan rambut dalam kondisi sehat dan mudah di atur secara alami.

Saya akan kembali dalam artikel berikutnya untuk membahas masalah perawatan rambut yang lebih banyak dan kalian bisa coba lakukan sendiri dirumah. Semoga bermanfaat ya. Salam cantik sepanjang hari.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *