Kesehatan

Cara Menghilangkan Sesak Nafas Tanpa Obat

Cara Menghilangkan Sesak Nafas Tanpa Obat 15/04/2018Leave a comment

Dalam Kedokteran sesak nafas disebut juga Dyspnea. Yaitu, kondisi yang sulit bagi anda untuk bernafas yang di sebabkan karena kurangnya udara yang masuk kedalam paru-paru. Kondisi ini amat tidak nyaman bagi penderitanya. Proses pernafasan yang terjadi dalam tubuh kita melibatkan organ penting seperti paru, diafragma, otot dinding dada, jaringan syaraf dan lainnya. Biasanya sesak nafas terjadi pada saat bagian yang saya sebut melakukan aktifitas berlebihan hingga membuat kita berat bernafas karena kurangnya oksigen yang masuk kedalam tubuh.

Tanda-tanda terjadinya sesak nafas dengan kulit yang tampak pucat,jantung berdebar,demam dan pingsan. Adalah ciri sesak nafas yang harus segera mendapat pertolongan medis karena sesak nafas yang demikian tergolong sesak nafas yang membahayakan jiwa.

Dibawah ini saya akan jelaskan mengenai Tips untuk meringankan, atau membantu penanganan pertama saat terjadi sesak nafas. Apabila sesak nafas yang anda alami tidak darurat, anda bisa melakukan treatment dibawah ini guna meringankan anda saat mengalami sesak nafas tersebut:

1. Berdiri Menyandar Dinding
Berdiri lalu bersandarlah pada dinding dengan posisi pinggul menempel pada dinding. Sejajarkan posisi kaki dengan terbuka menyamai bahu. Dan letakkan tangan disisi paha. Buat rileks posisi anda lalu sedikit condongkan ban anda kedepan.

2. Berbaring santai
Letakkan bantal dantara kedua kaki. Tinggikan kepala pada tumpukan bantal dan miringkan posisi badan sambil berbaring. Jaga posisi supaya punggung tetap lurus. Atau Ambil posisi telentang dengan kedua tangan di letakkan di belakang kepala tetap pada tumpukan bantal. Lipat kedua lutut. Taruh bantal di bawah lulut juga. Posisi ini akan membuat pernapasan lebih mudah.

3. Batuk


Batuk juga dapat membantu anda bernafas dengan baik. Tepatnya batuk yang bisa terkontrol.

4. Minum Kopi
Kandungan kafein yang ada pada kopi di percaya dapat melemaskan otot-otot saluran pernafasan. Ia juga dapat memperbaiki fungsi paru selama 4jam.

5. Kipas Angin
Angin yang di hasilkan oleh kipas sangat lah membantu pada saat mengalami sesak nafas. Dengan catatan kipas tersebut dalam kondisi bersih bebas debu. Maka angin yang di dapat dari kipas angin sangat membantu agar dapat bernafas kembali dengan normal.

Cara-cara diatas dapat dilakukan di rumah. Apabila sesak nafas kembali menyerang kita,kita bisa menggunakan salah satu cara di atas untuk menetralkan kembali pernafasan kita. Apabila dirasa tetap berat, alangkah lebih baik, segera meminta pertolongan medis, karena cara di atas hanya untuk pertolongan pertama atau solusi ringan yang dapat membantu meringankan kita dari sesak nafas yang menyerang.

Obat Tradisional Untuk Menghilangkan Penyakit Sesak Nafas

Ada banyak jenis tanaman herbal yang dipercaya dapat menghilangkan penyakit sesak nafas. Selain aman dan tanpa efek samping, obat alami ini dipercaya menjadi obat tradisional yang secara efisien dapat benar-benar menghilangkan sesak nafas.

Berikut bahan alami yang dapat kita pergunakan untuk pengobatan sesak nafas:

1. Daun Mint


Daun Mint adalah bahan tradisional yang bisa di jadikan obat untuk sesak nafas (Asma). Juga dapat untuk menjadi obat bau mulut (halitosis). Gunakan daun mint ini sebagai infuse, jadikan menjadi obat kumur untuk menhilangkan bau mulut dan seduh bersama tea hangat untuk treatment mengobati asma.

2. Daun Serei
Banyak manfaat yang dapat diambil dari daun serei ini. Selain sebagai bumbu masak, bahan ini juga dapat kita gunakan sebagai obat untuk penyakit kurap, tangan kesleo ataupun bengkak. Nah, pengobatan untuk asma dapat dilakukan dengan cara: Seduh beberapa batang serai hingga mendidih. Kemudian saring , pisahkan ampasnya. Minumlah air rebusan serei tersebut sehari sekali sebelum makan. Lakukan pengobatan ini setiap hari agar asma lekas sembuh.

3. Kunyit
Manfaat kunyit ini tidak hanya sebagai bahan bumbu dapur saja. Melainkan juga dapat menjadi obat untuk penyakit batuk, jantung lemah dan juga asma. Caranya: Siapkan 2 buah kunyit , kupas lalu bersihkan. Masukan kunyit kedalam 4gelas air lalu rebus. Sisakan kira-kira sampai air menjadi 2 gelas. Minum ramuan ini 2x sehari tiap pagi dan malam hari secara rutin. Lakukan hingga sembuh.

4. Cengkih
Zat atsiri yang ada dalam cengkih,dapat mengobati obat sakit perut, cacingan ataupun obat sakit gigi secara alami. Untuk dijadikan obat asma,campurkan cengkih dengan madu. Konsumsi ramuan ini sampai sembuh.

5. Daun Kenanga


Pada umumnya, bagian yang sering digunakan adalah bungannya untuk dijadikan obat tradisional. Tetapi untuk penyakit asma atau sesak nafas ini kita membutuhkan bagian daun nya. Caranya: Ambil daun kenanga sebanyak satu genggam. Cuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas air. Konsumsi obat ini sehari 2x pagi dan sore. Tambahkan madu sebagai pemanis.

Obat Bau Mulut dan Nafas Secara Alami

Bau mulut disebut juga halitosis. Masalah bau mulut akan sangat mengganggu bagi diri sendiri bahkan orang lain. Orang akan menjauh dari kita karena masalah ini.Dan kita pun akan merasa kurang percaya diri dan malu karenanya. Banyak factor yang menyebabkan bau mulut. Akan tetapi nggak perlu susah sekarang ini, nggak perlu banyak buang uang buat nyari solusi beli obat ini itu. Cukup dengan bahan alami disekitar kita, kita dapat membuat nya sendiri untuk dijadikan obat menghilangkan bau mulut.
Berikut caranya ya:

1. Seledri


Klorofil yang terdapat pada seledri dapat di percaya menghilangkan bau mulut. Caranya, ambil beberapa lembar daun seldri cuci bersih kemudian rendam dengan cuka. Kunyah-kunyah daun seledri sampai beberapa menit. Atau buat juice menggunakan daun seledri, campurkan sedikit air. Konsumsi minuman ini untuk mengatasi bau mulut . Minuman ini juga dapat melancarkan pencernaan kalian loh…

2. Teh
Dari setiap tea mengandung zat yang namanya polifenol. Zat inilah yang di percaya mampu mengatasi masalah bau mulut dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri dalam mulut.

3. Air
Air mineral amat sangat bagus untuk kesehatan kita,termasuk dapat menjadi media menghilangkan bau mulut. Banyak-banyak konsumsi air mineral. Gunakan air mineral untuk berkumur setelah makan guna untuk membersihkan sisa makanan yang ada di dalam mulut.

4. Minyak Pohon Tea


Bahan ini berperan sebagai antiseptic yang membunuh bakteri yang ada di dalam mulut. Campurkan beberapa tetes minyak pohon tea ini pada pepsodent. Dapat pula di campur dengan minyak lemon atau mint. Selain dapat membunug bakteri, bahan ini akan memberikan kesegaran pada mulut kita.

5. Baking Soda
Baking soda dapat secara alami mengobati bau mulut tak sedap. Dia mampu membunuh bakteri yang bersarang didalam mulut. Caranya ada beberapa macam. Campurkan baking soda dengan pasta gigi untuk membunuh kuman pada gigi. Atau campur baking soda dengan air hangat, gunakan untuk berkumur, maka ini akan membantu untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap karena kuman dan bakteri yang tinggal didalam mulut.

Nah, di atas tadi adalah cara-cara tradisional dengan bahan alami kita dapat mengobati masalah bau mulut. Pilih salah satu bahan yang mudah kamu dapatkan disekitar kamu. Lakukan treatment tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Catatan: Bahan-bahan alami di atas sangat aman digunakan dan tidak mengandung efek samping yang berbahaya.
Lebih baik menggunakan bahan alami kan dari pada harus mencari dan membeli obat dan lain-lain dengan harga mahal , belum tentu berhasil mengatasi masalah kita dan juga mungkin ada efek samping yang di timbulkan. Jadi saran saya, bagi kalian yang punya problem bau mulut dan nafas, mending lakukan cara alami dengan bahan tradisional ini sebagai penyelesaian pintarnya.

Selamat mencoba dan semoga bermafaat ya guys,,, ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *