Kesehatan

Iud Adalah Alat Kontrasepsi Yang Sudah Terbukti Paling Ampuh

Iud Adalah Alat Kontrasepsi Yang Sudah Terbukti Paling Ampuh 10/02/2018Leave a comment

Siapa sih yang tidak kenal dengan program yang dicanangkan pemerintah sebagai pengontrol tingkat laju pertumbuhan penduduk yaitu program keluarga berencana (KB). Iud adalah salah satu pilihan alat kontrasepsi yang terdapat pada program keluarga berencana. Selain iud ada juga pilihan yang bisa disesuaikan dengan keinginan setiap pasangan demi mengontrol tingkat kehamilan.

Masyarakat indonesia khususnya wanita yang sudah berumah tangga tentunya sudah mengenal iud adalah alat kontrasepai pencegah kehamilan yang tingkat keberhasilannya paling tinggi. Bahkan tenaga medis baik dokter maupun bidan sangat menyarankan penggunaan iud sebagai pilihan utama alat kontrasepsi bagi wanita.

Intra uterine device atau iud adalah alat kontrasepsi yang mempunyai banyak kelebihan dibanding yang lain, diantaranya adalah :

  • Seketika efektif dapat menangkal kehamilan setelah dipasangkan pada bagian dalam organ kewanitaan.
  • Prosentase keberhasilan iud adalah 99,1-99,3%.
  • Bagi ibu yang  masih dalam fase menyusui iud sama sekali tidak mempengaruhi produksi dan kelancara ASI.
  • Untuk wanita yang baru saja melahirkan iud adalah alat kontrasepsi yang bisa langsung dipasang, guna mengontrol jarak kehamilan berikutnya.
  • Tidak membuat repot, karena masa guna Iud adalah kurang lebih satu tahunn

Selain mempunyai kelebihan pastinya Iud adalah alat kontrasepsi yang punya kekurangan, diantaranya adalah :

  • Karena pemasangannya langsung didalam organ kewanitaan Iud tidak dapat mencegah infeksi penyakit menular, ini biasa terjadi pada wanita yang suka berganti-ganti pasangan.
  • Pada awal pemasangan akan terasa sakit pada organ kewanitaan, wanita akan merasakan sakit ini kurang lebih selama 3 hari setelah iud dipasang. Apa bila sakit yang dirasakan lebih dari waktu ini dan menimbulkan nyeri yang teramat sangat agar segera di konsultasikan ke dokter.
  • Pemasangan iud juga akan mempengaruhi siklus bulanan wanita atau yang biasa kita sebut menstruasi, pada saat menstruasi datang darah yang keluar akan lebih banyak dan waktu berakhirnya lebih lama. Apabila tidak diimbangi dengan asupan penambah darah biasanya akan menyebabkan anemia.
  • Apabila pemasangan iud tidak benar atau terlalu panjangnya pemasangan benang iud maka akan menganggu saat melakukan hubungan dengan suami, sehingga memberikan perasaan yang tidak nyaman pada laki-laki. Hal ini sangat wajib di konsultasikan ke dokter ahli agar dapat deiperiksa dan apabila perlu dilakukan tindakan medis berupa pemotongan benang iud atau bisa juga dengan melipatnya ke arah rahim dalam.

Penjelasan diatas merupakan gambaran iud adalah salah satu alat kontrasepsi yang mempunya keunggulan dan beberapa kekurangan. Tapi dibalik itu semua pemilihan alat kontrasepsi lebih baik dibicarakn dengan pasangan, agar tidak merugikan atau membebani salah satu. Pemilihan kontrasepsi yang baik dan dengan jalan dikonsultasikan dengan pasangan dan tenaga ahli akan memberi dampak postif dikemudian hari, adapun contoh lain alat kontrasepsi selain iud adalah :

  • Alat kontrasepsi berupa Pil KB
  • Alat kontrasepsi pria berupa Kondom
  • Spermisida adalah zat kimia yang dapat merusak sperma, alat kontrasepsi ini berbentuk cair dan dipake wanita.
  • Alat kontrasepsi wanita berupa kubah yang terbuat dari latek, silikon atau biasa disebut dengan diafragma
  • Alat kontrasepsi alami berupa kalender masa subur
  • Kontrasepsi yang terakhir dilakukan apabila memang sudah tidak menginginkan kehamilan bisa dilakukan sterilisasi, untuk yang satu ini sangat dianjurkan untuk dipikirkan dulu dengan benar-benar dan dikonsultasikan dengan dokter kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *