Kesehatan

Kasiat Buah Naga Untuk Wanita Dalam Masa Kehamilan

Kasiat Buah Naga Untuk Wanita Dalam Masa Kehamilan 17/11/2017Leave a comment

Kasiat Buah Naga – Buah naga diduga awalnya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di Asia sendiri, buah naga telah lama dikenal oleh masyarakat Cina sebagai salah satu buah yang dipergunakan untuk persembahan pada  acara-acara keagamaan. Buah naga memiliki bentuk yang khas, dengan warna merah dan seolah memiliki sisik naga. Buah ini sudah populer sebagai buah yang memberikan rasa lezat dan menyegarkan, dan banyak mengandung nutrisi bermanfaat bagi kesehatan. Menurut penelitian, buah naga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk dikonsumsi untuk ibu hamil.

Kasiat Buah Naga Untuk Wanita Dalam Masa Kehamilan :

  • Pembentukan sel darah merah

Setiap 100 gram buah naga segar diketahui mengandung 0,55 zat besi. Zat besi akan diolah tubuh untuk membentuk sel darah merah, sehingga akan mencegah masalah kurang darah atau anemia. Seperti diketahui, wanita yang sedang hamil sangat rentan terhadap masalah kesehatan yang satu ini. Sementara itu, bayi dalam kandungan juga sangat membutuhkan pasokan nutrisi dan oksigen yang baik untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Hal itu hanya bisa dilakukan jika ibunya memiliki cukup baik jumlah sel darah merah, dimana yang bertugas untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi. Makan buah naga  secara teratur akan membantu ibu hamil terhindar masalah ini.

  • Kandungan Karbohidrat

Satu porsi 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 sampai 14 gram karbohidrat. Selama kehamilan, wanita direkomendasikan mengkonsumsi karbohidrat minimal 135 gram per hari. Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi ibu hamil, karena adanya bayi yang sedang tumbuh dalam kandungan.

  • Tinggi Folat

Buah naga juga mengandung folat. dan berdasarkan penelitian,  nutrisi ini sangat diperlukan untuk wanita hamil. Folat juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, dan jika seorang wanita hamil kekurangan folat, kemungkinan besar bayinya bisa mengalami cacat tabung saraf atau Neural Tube, atau cacat pada saraf.

  • Kandungan serat

Serat makanan akan membantu mengatur fungsi usus yang baik. Konstipasi atau kesulitan BAB adalah masalah umum kehamilan. Dengan demikian, ibu hamil juga perlu untuk memastikan cukup serat agar dapat mengatasi masalah ini. Dalam satu porsi buah naga, diperkirakan mengandung 0,3-0,9 gram serat. Dietary Reference Intakes merekomendasikan setidaknya 28 gram serat perhari pada saat Anda sedang hamil. Anda bisa menambahkan buah naga untuk campuran salsa buah lain yang juga mengandung banyak serat makanan.

  • Tinggi nutrisi

Masih ada banyak senyawa lain yang bisa di dapat dari makan buah yang berwarnah cerah ini, seperti vitamin C, fitokimia, protein, kalium, dan masih banyak lainnya. Dengan demikian, buah naga akan banyak bermanfaat untuk ibu hamil sebagai kontributor gizi kompleks bagi ibu dan janin. Lebih Khusus lagi, buah naga juga mengandung Vitamin B1, yang  ternyata juga diketahui sangat baik bagi pertumbuhan janin, merangsang penyerapan protein , dan membantu membakar karbohidrat menjadi energi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *