Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Dan Cara Mengkonsumsi Yang Benar

Manfaat Bawang Putih Dan Cara Mengkonsumsi Yang Benar 06/01/2018Leave a comment

Manfaat bawang putih – rempah yang satu ini bahkan sudah difilmkan. Siapa yang tidak kenal legenda kisah bawang putih dan bawang merah? Yang kemudian dijadikan film dan bahkan sinetron oleh insan perfilman Indonesia. Sebenarnya, filosofinya adalah bawang putih itu bersifat baik. Nah, ternyata kebaikan bawang putih tidak hanya dalam film atau kisah legenda saja. Bawang putih sebagai jenis rempah memang benar-benar banyak kebaikannya karena manfaat yang juga terkandung banyak didalamnya.

Mau tau apa saja manfaat bawang putih?

Banyak loh manfaat bawang putih mulai dari menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan, menurunkan resiko kanker, mengendalikan hipertensi, mencegah penyakit jantung, meredakan infeksi, mengatasi jamur, flu maupun radang, mencegah rambut rontok, menjaga kesehatan otak, dan bahkan dapat sebagai antiseptik serta penguat kuku. Lalu kenapa jarang yang mau mengkonsumsi bawang putih  mentah? Kenapa mentah? Karena kalau dimasak, tentu khasiatnya akan berkurang. Dan kalau mentah, banyak yang enggan. Terutama karena bau bawang putih mentah yang menyengat luar biasa.

Lalu, bagaimana cara mengkonsumsi bawang putih yang mentah agar tidak terlalu menyengat baunya?

Ada beberapa tips cara mengkonsumsi bawang putih yang nyaman dan tidak membuat kita terganggu pada baunya.

  • Cara pertama, setelah mengunyah bawang putih, biasakan sigat gigi dan kumurlah dengan pewangi mulut.
  • Cara kedua, dengan meminum susu rendah lemak atau yoghurt setelah mengkonsumsi bawang putih.
  • Cara ketiga, jika saat menelannya saja sudah tidak kuat, maka bisa dengan cara menumbuk bawang putih dengan daun kemangi dan cabai. Sehingga digunakan sebagai sambal pada saat makan. Dengan komposisi bawang putihnya lebih banyak dari cabainya. Atau bisa dengan cara digerus/ditumbuk dan ditelan seperti minum obat puyer. Setelah itu minum susu. Atau bisa juga dengan memakan permen sebagai penetral bau menyengatnya.

Sebenarnya, lepas dari masalah bau, bawang putih itu sungguh luar biasa khasiatnya. Keteraturan dalam mengkonsumsinya berbuah banyak manfaat. Lalu apa kandungan yang terdapat didalam bawang putih sehingga manfaatnya begitu banyak?

  • Pertama, bawang putih mengandung allicin. Allicin adalah senyawa aktif yang bersifat tidak stabil dan effektif dalam membunuh mikroba. Senyawa ini sangat dapat membunuh kuman-kuman penyebab infeksi. Dan bahkan memiliki khasiat menguatkan akar rambut.
  • Kedua, manfaat bawang putih mengandung sulfur. Sulfur adalah senyawa yang berfungsi dalam pembebasan energy dan digunakan juga untuk proses detoksifikasi. Suplai cukup terhadap sulfur dapat menghindarkan kita dari anemia. Ketiga, adalah piridoksin atau yang lebih Vitamin B6. Vitamin ini berpotensi pada metabolism sel darah merah. Bila seseorang kekurangan vitamin B6, maka ia akan mengalami permasalahan peradangan kulit, lemah otot dan kurang konsentrasi. Sehingga tentu saja bawang putih dapat menjadi jawaban atas keluhan ini.
  • Keempat, bawang putih banyak mengandung Natrium dan Kalium. Natrium adalah senyawa alkali lunak yang berfungsi sebagai mineral dalam tubuh manusia. Fungsinya mengatur keseimbangan cairan tubuh, mengatur fungsi kerja otot jantung, merangsang kerja syaraf dan membantu pengangkutan zat gizi lain pada menbran sel. Kekurangan Natrium dapat membuat kita mudah pusing, kekurangan darah dan bahkan melemahnya tubuh. Sedangkan Kalium adalah senyawa yang mampu menurunkan tekanan darah, untuk kesehatan tulang, kontraksi otot, dan bahkan untuk kesehatan ginjal. Selain itu, Kalium juga membantu tubuh untuk mencegah dari stress, dan bahkan dapat meningkatkan fungsi otak dan sistem syaraf.

Bila memperhatikan kandungan manfaat bawang putih, jelas tidak ada yang tidak ingin mengkonsumsinya demi manfaatnya. Dan selama ini, bangsa yang paling doyan mengkonsumsi bawang putih adalah bangsa Cina. Siapa yang tidak tahu bahwa banyak orang Cina yang berumur panjang. Tidak lain karena mereka banyak mengkonsumsi bawang putih pada setiap menu makanannya. Dan tingkat kesehatan sangatlah berpengaruh sebagai salah satu indikator dapat bertahan hidupnya seseorang.

Satu lagi, kandungan bawang putih yang cukup besar adalah, fosfor. Forfor berfungsi sebagai pemberi energy pada tubuh.Dan ia sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan gusi, gigi dan sistem DNA, serta memperlancar proses urinisasi maupun memperlancar pembentukan protein. Dan bagi yang memiliki masalah dengan obesitas, fosfor ini juga punya khasiat mengatasi obesitas.

Jadi, tunggu apalagi? Segera kosumsi bawang putih mentah atau juga dirutinkan dengan menambah bawang putih pada setiap masakan yang kita buat. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *