Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Diet Alami

Manfaat Buah Naga Untuk Diet Alami 30/12/2017Leave a comment

Manfaat buah naga – Siapa tak kenal buah naga? Buah yang bentuknya bak bunga merekah ini jadi primadona sejak awal kehadirannya di Indonesia. Buah yang asal muasalnya dari Amerika Tengah ini memiliki sejuta manfaat bila dikonsumsi secara rutin. Kandungan vitamin dan mineral buah yang dikenal sebutan sebagai kaktus Pitahaya ini cukuplah tinggi. Siapa yang tidak tahu fungsi mineral dan vitamin dalam tubuh ? Ya, vitamin dan mineral merupakan elemen penting dalam tubuh manusia untuk menjaga metabolisme tubuh dan meningkatkan pertumbuhan organ tubuh. Meskipun proporsi keduanya termasuk kecil dalam tubuh, namun fungsinya sangatlah vital. Kekurangan dua jenis bahan ini dapat mengakibatkan seseorang dapat menderita sejumlah penyakit degeneratif.

Manfaat selalu mengkonsumsi vitamin dan mineral adalah terjaganya kesehatan kulit dan kecantikan wajah. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah naga ini tentu menjadi salah satu alasan kuat mengapa manfaat buah naga yang satu ini jadi incaran para pegiat kecantikan. Selain diincar kalangan pegiat kecantikan, buah dengan sebutan Thay Long di Vietnam ini juga menjadi incaran para pegiat kesehatan. Tentu saja juga karena manfaatnya dalam menjaga kesehatan tubuh, seperti misalnya mencegah penyakit kanker, penyakait diabetes, penyakit jantung, serta menjaga kesehatan mata dan tulang. Maanfat lainnya adalah sebagai pendukung program diet.

Sebenarnya kandungan buah naga itu apa saja sih?

  • Menurut kandungan buah naga diantaranya adalah potassium, protein, serat, ferum, kalsium, sodium, karotin, vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, magnesium, fosfor, karbohidrat, gula dan air. Untuk air kandungan buah naga mencapai 90%. Sedangkan yang dominan adalah kandungan kalsium dan magnesiumnya.
  • Lalu, kenapa buah ini diincar para aktivis diet? Sebagaimana disebut diatas, salah satu manfaat buah naga adalah mendukung program diet. Pertanyaannya, kandungan yang manakah dalam buah naga yang dapat mendukung kelangsingan tubuh?  Jawabannya adalah vitamin B2. Vitamin B2 dalam buah naga dapat mengontrol atau mengendalikan nafsu makan. Sehingga tentu saja kandungan buah naga yang satu ini menjadi salah satu penyebab buah yang berkembang pada abad ke 13 di tempat asalnya ini menjadi favorit para pegiat diet di Indonesia.
  • Sedikit tentang vitamin B2, vitamin ini dikenal dengan nama riboflavin. Dengan konsumsi vitamin B2 yang cukup dapat menghilangkan stress pada seseorang. Stress banyak diderita oleh orang yang mengalami obesitas. Itulah mengapa konsumsi Vitamin B2 ini dapat berdampak pada penurunan berat badan. Menjaga tingkat stress tentu mengurangi efek nafsu makan berlebihan yang dialami para penderita obesitas. Meskipun tidak semua penderita obesitas dipicu oleh stress.

Sudah tahu manfaat buah naga untuk diet? Kini kita kupas jenisnya. Di Indonesia, buah naga ada enam jenis. Diantaranya adalah buah naga putih, buah naga merah, buah naga super merah, buah naga hitam, buah naga kuning, dan buang naga orange. Yang paling dikenal orang memang buah naga putih dan buah naga merah. Buah naga merah memang dilihat dari tekstur luar mirip sekali dengan buah naga putih, hanya lebih berwarna merah pekat. Namun bila sudah dibelah, maka akan kelihatan tektur daging buahnya yang berwarna merah marun dan berair lebih banyak dari buah naga lainnya.

Selain sebagai pendukung program diet, manfaat buah naga merah lainnya adalah meredakan batuk,  meredakan penyakit asma, mencegah osteoporosis, menstabilkan tekanan darah tinggi, melancarkan pencernaan, mencegah penyakit kanker. Dan karena manfaatnya yang segudang dan juga karena banyak penggemarnya ini, maka harga buah naga merah pun cukup stabil. Kini dikisaran Rp 15.000,00 sampai dengan Rp 28.000,00 per kilonya. Tidak terlalu mahal dibanding manfaat yang dikandungnya.

Lalu, bagaimana cara mengolahnya agar manfaat buah naga optimal untuk menurunkan berat badan? Diolah menjadi jus. Itu cara termudah dan teroptimal agar buah yang satu ini terkonsumsi dengan baik. Manfaat jus buah naga dapat lebih optimal karena dengan cara pengolahan ini tidak mencampurkan bahan lain dan hanya murni buah naga merahnya saja. Pencampuran gula dalam jus buah naga merah sebenarnya sama sekali tidak diperlukan. Karena buah ini saudah cukup manis untuk dikonsumsi. Demikian pula penambahan air, karena kandungan airnya pun sangat tinggi. Yang perlu diperhatikan agar manfaat jus buah naga ini bisa maksimal adalah frekwensi pengkonsumsiannya saja. Kalau yang terbiasa hanya meminumnya sehari sekali, untuk program diet maka konsumsinya bisa dinaikkan hingga tiga kali dalam sehari. Bagaimana? Minat untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *