Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Sebagai Obat Kanker Paling Ampuh

Manfaat Daun Kelor Sebagai Obat Kanker Paling Ampuh 30/12/2017Leave a comment

Manfaat daun kelor – tanaman herbal menjadi tren pengobatan sejak dua dekade terakhir. Banyak testimoni kesembuhan akibat konsumsi tanaman herbal sebagai obat. Namun tak sedikit juga yang mengalami gangguan komplikasi karena kelebihan dosis penggunaan obat herbal. Namun demikian, nyatanya penanganan penyakit dengan cara herbal masih menjadi pilihan popular hingga kini.

Salah satu tanaman herbal yang sedang naik daun di dunia saat ini adalah daun kelor atau yang lebih dikenal sebagai miracle tree di Amerika Serikat. Kenapa daun kecil ini pohonnya disebut pohon mujizat di sana? Tak lain dan tak bukan adalah karena manfaat daun kelor yang luar biasa. Manfaat daun kelor tak diragukan lagi. Banyak yang telah merasakan manfaat daun kelor. Dan itulah mengapa tanaman dengan nama latin herbilogy moringa ini kian naik daun. Salah satu manfaat daun kelor ini adalah menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Disamping juga memelihara kulit, mengurangi kerutan, memudahkan pencernaan, anti peradangan. Serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Apa sih kandungan daun kelor, sehingga manfaat daun kelor sebegitu banyak?

  • Mau tahu? Ya, semua memang karena daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi, asam amino esensial yang komplit, vitamin (A, B1, B2, B3, B6, B7,K, C, D, E), mineral (mikro dan makro), dan bahkan juga mengandung anti oksidan.
  • Polyphenol itu, sejenis zat kimia yang berada pada tumbuhan yang diyakini memberikan manfaat daun kelor dalam pencegahan penyakit jantung dan penyakit kanker serta berefek anti inflamasi, Sedangkan asam amino esensial adalah asam amino yang diperlukan tubuh manusia untuk membentuk protein dalam tubuh. Jadi, tahu kan berapa pentingnya unsur ini dalam tubuh? Dan asam amino ini tidak bias dibuat oleh tubuh manusia loh. Ini hanya bisa didatangkan dari luar, dari makanan. Sehingga penting sekali bagi tubuh kita untuk mengkonsumsi daun kelor agar kebutuhan asam amino esensial kita berkecukupan.

Bagaimana dengan kanker? Pembunuh manusia yang paling ditakuti ini ternyata selain dapat diatasi dengan daun sirsak, juga bisa dengan manfaat daun kelor. Soal apakah lebih mujarab mana antara daun sirsak dengan daun kelor, belum ada penelitian yang dapat menjawabnya. Hanya saja memang secara mandiri, daun kelor ini juga dapat mengatasi penyakit kanker. Manfaat daun kelor untuk kanker adalah diantaranya untuk pengobatan kanker payudara, kanker rahim, kanker hati, kanker darah, kanker melanoma, kanker tulang,kanker kulit,

Lalu cara mengolah daun kelor itu seperti apa? Tentunya agar hasil manfaat daun kelor yang didapat bisa optimal. Mudah saja. Untuk memaksimalisasi anti oksidannya, daun kelor dapat diseduh saja seperti ketika kita menyeduh teh. Dan diminum tanpa gula. Tapi sebelumnya, daun ini dijemur di sinar matahari dahulu hingga kering dulu. Sampai bentuknya kering persis seperti teh seduh warna hitam itu. Rasanya sama sekali hambar seperti teh tawar. Tidak pahit, Cara pengolahan ini selain dapat maksimalisasi penyerapan anti oksidannya, juga dapat mengatasi kanker payudara. Sedangkan bila dimasak menjadi sayur, dapat dibumbui seperti membumbui sayur bayam ataupun sop. Sebaiknya tidak perlu dicampur apapun selain jagung dan wortel. Agar nikmat disantap. Selain dimasak sayur bening, bisa juga dibuat pepes bersama tahu maupun dengan cara dioseng. Namun sebagai penulis, kami menyarankan yang terbaik adalah diolah menjadi sayur bening dengan campuran wortel atau jagung tadi.

Pengolahan daun kelor untuk mengatasi kanker berbeda dengan pengolahan daun kelor sebagai pencegah. Misalnya, untuk pengobatan kanker tulang cukup dengan merebus daun kelor langsung dengan air hingga mendidih dan meminum air rebusannya tersebut sehari dua hingga tiga kali. Sedangkan untuk pengolahan dalam rangka penyembuhan kanker kulit berbeda. Daun kelor diblender dengan dicampuri sedikit minyak zaitun. Hasilnya dioleskan pada kulit yang terkena kanker. Dilakukan dengan rutin minimal sehari satu kali.

Jika setiap obat ada efek sampingnya, lalu apakah efek samping manfaat daun kelor? Mau tahu? Baiklah. Efek samping kelebihan dosis dalam mengkonsumsi daun kelor adalah diantaranya gangguan fungsi ginjal, kerusakan hati, sakit perut, kegagalan sperma hingga mati rasa dan kelumpuhan. Misalnya, kenapa bisa mengakibatkan sakit perut? Karena tanaman yang dikenal sebagai moringa ini memang adalah pencahar alami. Bila sembelit, mungkin bisa mengkonsumsi ini dalam jumah yang banyak. Kalau tidak, apalagi dengan sistem pencernaan yang sensitif akan sangat berbahaya bagi stabilitas perut. Oleh karena itu, konsumsi tanaman herbal pun perlu dikendalikan sesuai takaran. Bila tidak, efek samping tetap tak terhindarkan.

Satu lagi yang perlu diwaspadai ketika mengkonsumsi manfaat daun kelor adalah, jangan sekali-sekali mengikutkan akar pohon kelor ini dalam pengeolahannya. Khususnya ketika tidak disengaja atau tanpa sengaja terolah. Karena akar pohon kelor ini sangat berbahaya, mampu melemahkan seluruh system syaraf pada manusia.  Bayangkan saja jika tanpa sengaja Anda mengolahnya bersama si daun. Bukan manfaat yang didapat, mautlah yang disemat.

Oleh karena itu, bagi para pecinta tanaman herbal, tetaplah berhati-hati dalam mengkonsumsi tanaman herbal. Sebagaimana peribahasa lama, tidak ada yang sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *