Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan 30/12/2017Leave a comment

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan – sirsak adalah buah yang dikenal sebagai buah nangka Belanda. Meskipun bukanlah Belanda asal buah ini. Sama seperti buah naga, asal buah ini adalah dari Amerika Tengah. Buah ini memang bukan asli dari Indonesia. Datang di abad ke-19 dan kemudian menjadi favorit para pemerhati kesehatan. Semua adalah karena manfaat sirsak bagi kesehatan cukup banyak. Bukan hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan. Buah sirsak sendiri sejatinya bukanlah buah tunggal. Ia adalah buah yang terdiri dari kumpulan buah kecil didalamnya. Buah sirsak banyak mengandung karbohidrat. Khususnya fruktosa. Selain itu, buah sirsak juga banyak mengandung vitamin C. Yang ditawarkan buah dengan nama latin Annona Muricata L  ini memang sangat banyak, mulai dari pohonnya, buahnya sampai dengan daunnya. Dan yang paling terkenal adalah manfaat daunnya. Siapa yang tidak tahu manfaat daun sirsak bagi kesehatan?

Ya. Manfaat daun sirsak terkenal sebagai pengontrol diabetes dan obat kanker yang paling mujarab. Manfaat daun sirsak bagi kesehatan khususnya bagi penderita kanker ternyata sangat besar. Kemujarabannya mencapai 10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi. National Cancer Institute pernah melakukan penelitian untuk ini. Ditemukan memang ekstrak daun sirsak memang memiliki manfaat daun sirsak yang lebih baik daripada kemoterapi yang selama ini dilakukan oleh para penderita kanker. Bahkan dengan mengkonsumsi ektrak daun sirsak, para penderita kanker tidak perlu merasakan mual amat sangat sebagaimana mereka ketika menjalani kemoterapi. Tidak menyebabkan rambut rontok dan bahkan tidak membunuh sel-sel tubuh yang sehat. Hal yang tidak terhindarkan bagi penderita kanker ketika menjalani kemoterapi. Ekstrak daun sirsak memiliki khasiat yang maksimal untuk membunuh 12 jenis kanker ganas pada manusia. Diantaranya adalah kanker usus, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker pancreas, kanker rahim, dan lainnya.

  • Mengapa? Karena dalam daun sirsak mengandung senyawa proaktif yang sangat tinggi. Diantaranya adalah acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Disamping itu juga memiliki sifat sitotoksik pada sel tumor manusia. Menurut salah satu penelitian di Amerika membuktikan bahwa acetongenins menghambat ATP (Adenosina Trifosfat). Senyawa yang dibutuhkan sel kanker untuk tumbuh. Acetogenins merusak ATP di dinding mitokondria. Dan tentu saja hal demikian mengakibatkan matinya sel kanker. Dan hebatnya, tanpa merusak sel sehat lainnya.
  • Apalagi manfaat daun sirsak bagi kesehatan? Penyembuh diabetes. Ya, penyakit diabetes menjadi penyakit era global. Terjangan makanan-makanan tinggi karbohidrat dan rendah serat di era global mengakibatkan diabetes menjadi salah satu penyakit trend millennium selain kanker. Kecepatannya merambah semua kalangan sangat tinggi. Penderita diabetes bukan hanya orang tua yang usianya sudah diatas 50 tahun. Bahkan anak-anak pun banyak yang menjadi penderita diabetes. Pola makan menjadi penyebabnya. Makanan-makanan fast food masih menjadi primadona bagi banyak orang. Diabetes pun menjadi tak terhindarkan. Si penyandang julukan silent killer ini juga sangat ditakuti oleh para penderitanya. Kecacatan secara perlahan membuat penderitanya sangat menderita. Diabetes mampu merampas seluruh energy dalam tubuh sehingga kehilangan kemampuan untuk melakukan metabolism. Kadar gula normal dalam darah sebenarnya hanya di kisaran 70-120 mg. Namun pada penderita diabetes bisa mencapai angka hingga 500 mg. Dan diabetes ini pun menjadi salah satu penyakit pemicu serangan stroke.
  • Bagaimana cara mengolah manfaat daun sirsak agar dapat dan aman dikonsumsi? Mudah sekali. Anda hanya tinggal mengambil beberapa lembar daun sirsak, bisa 3-5 lembar sekali olah. Kemudian daun tersebut direbus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih sehingga tinggal tersisa kira-kira 1 gelas air saja. Angkat dan diamkan hingga hangat. Air rebusan daun sirsak pun siap diminum. Lakukan hal demikian sehari dua hingga maksimal tiga kali. Maka diharapkan setelah rutin mengkonsumsi selama kira-kira satu bulan, akan dapat dilihat hasilnya. Sebenarnya sangat mudah. Dan tentu saja pengobatan ini dilakukan dengan melakukan pengendalian terhadap konsumsi makanan-makanan tinggi karbohidrat dan rendah serat. Tanpa pengendalian pola makan, semua upaya pengobatan akan sia-sia.

Disamping manfaat daun sirsak, yang perlu dicermati terhadap daun sirsak adalah efek sampingnya. Kandungan daun sirsak salah satunya adalah memiliki potensi toksisitas neuronal. Hal demikian dapat mengakibatkan kerusakan pada sel otak. Dan menjadi penyebab kematian neuronal otak. Selain itu, efek samping lain adalah melebarkan pembuluh darah yang berakibat fatal bagi penderita hipotensi, ia juga memiliki kontraindikasi dengan obat penyakit jantung serta dapat menyebabkan Parkinson. Penggunaan dosis yang tepat sangat berpengaruh terhadap dampak daun sirsak bagi tubuh manusia.

Oleh karena itu, bijaksanalah dalam mengkonsumsi tanaman sebagai obat herbal. Karena setiap khasiat pasti memiliki efek samping bilamana berlebihan dalam penggunaan. Cermat dan hati-hati adalah kuncinya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *