Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengecilkan Perut Yang Buncit

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengecilkan Perut Yang Buncit 30/12/2017Leave a comment

Manfaat jeruk nipis – jeruk dapat dikatakan sebagai tanaman sejuta umat. Kenapa? Karena tidak ada satu pun orang yang tidak tahu ataupun tidak mengenal buah jeruk. Kemudian, siapa si jeruk nipis? Jeruk nipis atau dengan nama ilmiah Citrus Aurantium adalah salah satu jenis buah jeruk yang secara morfologis lebih kecil ukurannya dari jeruk-jeruk kebanyakan. Rasanya pun mungkin lebih asam dibanding jeruk lainnya. Manfaat jeruk nipis apa ya? Mari kita kupas!

Jeruk nipis tidak beda dengan jeruk lainnya, ia lebih banyak mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C tentu sudah banyak netizen yang tahu. Vitamin C diantaranya bermanfaat untuk memperbaiki jaringan sel kulit, mencegah naiknya tekanan darah, mencegah stroke, menangani influenza, meningkatkan kesehatan mata, rambut dan kulit serta yang sering jadi favorit adalah manfaat jeruk nipis untuk meluruhkan lemak maupun mengecilkan perut. Tubuh manusia sangat membutuhkan Vitamin C. Sehingga, sebaiknya asupan vitamin C dalam tubuh mencukupi untuk kita beraktifitas. Saat tubuh kekurangan vitamin C, maka hal yang mungkin sekali terjadi adalah bibir dan kulit akan pecah-pecah, kulitpun akan kasar dan bersisik, serta mudah mimisan. Bahkan yang paling fatal, kuku bisa lepas dari dagingnya. Mengerikan bukan?

Sebenarnya, vitamin C adalah vitamin yang paling mudah dipenuhi manusia karena banyak bahan makanan dan sayuran yang mengandung vitamin C. Hanya terkadang disaat mengkonsumsi Vitamin C, kita juga mengkonsumsi bahan makanan yang menghalangi penyerapan optimal vitamin C. Teh misalnya. Orang sangat sering menggabungkan teh dengan lemon atau teh dengan jeruk nipis menjadi minuman segar yang biasa disebut lemon tea. Hal demikian sebenarnya menghambat penyerapan vitamin C, karena sifat teh yang menghambat penyerapan zat besi, vitamin dan mineral.

Nah, lalu bagaimana caranya agar vitamin c dalam jeruk nipis dapat terserap sempurna? Cara paling mudah adalah dengan memeras jeruk dan menyeduh air perasan jeruk nipis dengan air panas. Ketika sudah agak hangat, baru diminum. Tentunya jangan mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh atau kopi. Ini membuat kita menjadi sia-sia dalam mengkonsumsi jeruk nipis.

Saatnya kita kupas manfaat dari jeruk nipis yang paling jadi favorit kaum hawa, yakni untuk mengecilkan perut. Perut merupakan bagian yang menurut kebanyakan kaum wanita perlu selalu kelihatan kecil, tipis dan langsing. Perut yang membesar, berlemak dan cembung ke depan merupakan aib bagi kaum hawa. Apapun cara, pasti dilakukan untuk membuat si perut ini terlihat langsing. Salah satunya adalah cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis. Cara ini paling sering dianggap mujarab untuk mengecilkan perut. Bahkan bisa dalam jangka waktu cukup 4 (empat) hari dilihat hasilnya. Perut terlihat lebih langsing dan kempes. Tentu dengan catatan, tidak ada riwayat penyakit asam lambung ya. Sebab bagi penderita asam lambung yang tinggi, konsumsi vitamin C secara berlebihan ini bisa berbahaya.

Selain dalam hal mengecilkan perut, manfaat jeruk nipis untuk diet yang lain yang juga bikin jadi perhatian adalah dalam hal kecepatannya melangsingkan tubuh. Diet dengan jeruk nipis, dalam  satu minggu dengan cepat bisa menurunkan berat badan. Bahkan karena sifatnya yang basa itu, buah dengan nama latin citrus aurantium ini mampu menjadi peringkat pertama buah yang mampu menurunkan berat badan setelah blue berry. Dan di Indonesia, keberadaan buah satu ini amatlah mudah. Jadi jangan heran ketika buah asli Asia ini menjadi juara pelangsing tubuh bagi kaum hawa.

Beberapa artis Indonesia yang sukses melakukan program diet dengan manfaat Jeruk Nipis diantaranya adalah Indy Barens dan Thalitha Latief. Disamping tentunya mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh. Karena tidak jarang diet dengan jeruk nipis ini gagal dikarenakan pola makan yang tidak berubah. Tinggi karbo dan rendah serat. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih, olah raga teratur dan mengurangi jatah karbohidrat dan gula sebagai rangkaian satu paket yang perlu dilakukan berbarengan dengan meminum perasan air jeruk nipis sebagai pilihan program diet.

Sebenarnya, zaman dulu, ketika obat-obatan pelangsing belum ada, para pendahulu kita sudah punya cara untuk menjaga agar tubuh tetap langsing. Dan yang pasti dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti buah-buahan, sayur-sayuran maupun tanaman-tanaman rempah. Yang cukup popular adalah cara tradisional/adat Keraton di Jawa. Biasanya, perempuan jawa khususnya putri raja Jawa, memiliki resep tradisional dalam menjaga berat badan. Diantaranya selain konsumsi teratur air perasan jeruk nipis, adalah dengan merebus daun salam ataupun dengan cara meminum ramuan teh hijau. Ketiga cara ini terbukti efektif menjaga kelangsingan tubuh putri Keraton Jawa. Sebuah tradisi yang cukup baik untuk ditiru. Mau coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *