Kesehatan

Obat Diabetes Tradisional Paling Ampuh

Obat Diabetes Tradisional Paling Ampuh 15/04/2018Leave a comment

Didalam tubuh kita mengalami proses metabolisme. Yaitu proses pengolahan zat kimia yang menghasilkan energy. Adanya gangguan metabolisme dalam tubuh biasanya menyebabkan timbulnya penyakit diabetes yang mana menyebabkan penderita ini tidak mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Penyebab terjadinya gangguan pada proses metabolisme ini biasanya karena tidak mampu nya pankreas menghasilkan insulin yang berfungsi sebagai pengontrol tinggi rendahnya kadar gula dalam tubuh. Ahli kesehatan mengatakan tidak adanya obat yang mampu menyembuhkan penyakit diabetes ini secara total. Namun pembaca tidak perlu risau,karena tanpa obat dari dokter,ada beberapa bahan tradisional yang di percaya mampu mengobati Diabetes.
Nah, maka dari itu dibawah ini akan saya jelaskan sedikit tentang bahan-bahan alami yang dapat kita gunakan sebagai ramuan obat tradisional untuk penyakit diabetes. Lanjut baca nya yukk…
1. Bawang Merah
Bawang merah adalah salah satu bahan pokok yang digunakan sebagai bumbu masakan. Tidak disangka zat yang ada di dalam bawang merah yaitu allyl propyl disulfide mampu menurun kan kadar gula didalam tubuh kita. Zat tersebut juga berfungsi untuk meningkatkan ketahanan hidup insulin dalam tubuh. Nah, makanya bawang merah ini sangat bagus dan aman di konsumsi dalam jumlah banyak, baik kita pergunakan untuk bumbu masakan ataupun di jadikan ramuan obat-obatan.
2. Daun Kemangi


Daun kemangi tergolong sebagai jenis makanan pendamping. Karena peran dari daun kemangi tak lepas dari lalapan. Daun kemangi ini pasti selalu di sajikan untuk makanan pendamping, ataupun di buat untuk sayur urap an. Tak sangka, ternyata kandungan yang ada dalam daun kemangi ini mampu untuk dijadikan obat diabetes. Kandungan zat yang ada pada daun kemangi ini juga berfungsi untuk proses sekresi insulin. Dengan kembalinya insulin yang di hasilkan tubuh kita dari proses metabolisme,makan akan kembali juga sistem pengontrolan kadar gula dalam tubuh.
3. Daun Salam
Daun yang biasanya digunakan untuk memasak dan berbau harum ini mempunyai kandungan didalamnya yang bernama flavonoid. Kandungan flavonoid ini ternyata berperan penting sekali untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh kita.
4. Daun Mangga
Siapa yang nggak kenal sama yang namanya buah mangga. Buah yang mempunyai rasa segar dan memiliki beberapa jenis dengan rasa yang berbeda-beda. Tak disangga ternyata selain buahnya yang segar dan mempunyai banyak vitamin yang bagus di dalam buah nya, yang berfungsi baik bagi tubuh, daun mangga ini juga mempunyai manfaat nya sendiri. Zat yang ada didalam daun mangga adalah zat tannin (anthocyanidins). Zat ini di percaya mampu menyembuhkan penyakit diabetes.
5. Lidah Buaya


Tanaman lidah buaya ini ternyata mampu menjadi obat untuk diabetes juga loh pembaca. Selain digunakan untuk perawatan rambut dan kulit, ternyata Gel yang ada di dalam dinding lidah buaya mampu dijadikan ramuan alami untuk menurunkan kadar diabetes.
6. Ginseng Ginseng biasanya digunakan untuk minuman penghangat. Selain itu ternyata ginseng juga mampu dijadikan obat bagi diabetes. Ginseng mampu mengatur gula dalam tubuh serta mampu membantu tubuh menghasilkan insulin. Maka dari itu,konsumsi minuman berbahan dasar ginseng untuk mengobati penyakit diabetes. Selain dapat dijadikan obat diabetes,ginseng juga dapat menjaga daya tahan tubuh kita.

77517156 – fresh ginseng on wooden plate

7. Kayu Manis
Kandungan yang ada dalam kayu manis ini mampu membantu tubuh untuk memecah glukosa menjadi energy. Maka dari itu selain untuk bahan masakan, kayu manis sangat bagus untuk mengurangi diabetes dalam tubuh.

Gejala Diabetes
Disini kita akan membahas mengenai gejala diabetes. Lebih jelasnya mengenali gejala diabetes dan Jenis diabetes di Indonesia. Banyak orang yang tidak menyadari pada serangan penyakit diabetes, karena penyakit ini muncul seperti sakit biasa pada umumnya. Untuk memastikannya hanya dapat dilakukan memalui cek darah. Bagi pembaca yang memang belum paham tentang penyakit ini,saya akan kasih sedikit informasi tentang mengenali gejala yang timbul akibat diabetes ini, sebagai berikut:
1. Menurun drastisnya berat badan
Berat badan yang turun adalah hal yang biasa. Bahkan sering diharapkan bagi mereka yang merasa terlalu berlebihan berat badannya. Akan tetapi jika berat badan ini berangsur turun secara terus dan signifikan, maka ini patut dicurigai sebagai awal timbulnya gejala diabetes karena akibat glukosa yang tak mudah di serab oleh tubuh.
2. Penglihatan yang mulai terganggu
Kadar glukosa yang tinggi menyebabkan cairan pembuluh darah terhalang untu masuk ke mata. Jika seperti itu dapat membuat bentuk lensa mata berubah.
3. Sering Kesemutan atau Mati Rasa
Pada saat kadar gula dalam darah sangat tinggi biasanya akan menyebabkan kesemutan hingga seperti mati rasa. Hal ini biasanya dikarenakan adanya kerusakan pada serabut syaraf, untuk itu hati-hati karena bias jadi diabetes semakin meninggi dan lebih parah.
4. Nafsu Makan Meningkat
Meningkatnya nafsu makan yang berlebih dikarenakan kurangnya asupan energy yang berlebih. Namun, kondisi tubuh yang tidak optimal dan tidak mermetabolisme dengan baik justru berakibat timbul rasa lapar yang terus menerus.
5. Terjadi infeksi jamur di area mulut.
Diabetes yang menyerang wanita biasanya di tandai dengan munculnya jamur di area mulut dan juga area vagina. Jamur ini disebabkan oleh jamur candida. Munculnya bakterri jamur ini biasanya menyebabkan gatal pada vagina ataupun sariawan pada bagian mulut.
Ada dua tipe jenis Diabetes yang ada di Indonesia, yaitu:
Diabetes Tipe 1, yang biasanya terjadi pada usia 40 tahun ke atas. Diabetes ini di sebut juga diabetes anak-anak. Sistem kekebalan tubuh yang menyerang akan menghancurkan sel pancreas yang mempunyai fungsi menghasilkan insulin dalam tubuh. Ini akan menimbulkan meningkatnya kadar glukosa dalam darah hingga dapat lebih merusak organ lain dalam tubuh. Terapi yang biasanya dilakukan adalah cek darah secara rutin serta menerapkan pola hidup sehat dan juga rutin menggunakan suntikan insulin.
Diabetes Tipe 2, Kurang nya produksi insulin dalam tubuh. Pada umumnya diabetes jenis ini berhubungan dengan obesitas,tapi tidak semua obesitas yang diderita dapat dikatakan mengidap diabetes. Kurangnya insulin yang terjadi pada tubuh,membuat sel dalam tubuh kurang sensitive pada insulin atau disebut juga resistensi insulin.

Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai gejala diabetes serta jenis diabetes yang ada di Indonesia. Untuk menghindari hal-hal tersebut terjadi pada kita, maka baiknya kita menerapkan pola hidup yang sehat. Lakukan cek kesehatan secara rutin, olah raga dan lainnya. Semoga informasi ini berguna buat pembaca ya.
Obat Diabetes Diapotik
Tidak sedikit dokter menyarankan untuk menghadapi gejala diabetes atau mengobati diabetes tanpa menggunakan obat kimia. Pengobatan non farmatologi biasanya juga disarankan untuk lebih meminimalisir efek samping pada penderita. Akan tetapi jika memang perlu penanganan menggunakan obat, sedikit akan saya bagikan jenis obat yang bias didapatkan di apotik untuk penderita diabetes.
1. Biguanid
Obat ini biasanya diberikan bagi penderita diabetes tipe 2. Obat ini mempunyai manfaat merangsang sel-sel tubuh supaya lebih peka terhadap insulin. Akan tetapi penggunaan obat Biguanid ini memiliki efek samping yang biasanya menyebabkan penderita mengalami gangguan pada pencernaan mereka. Obat ini juga tidak baik di gunakan anak-anak dan ibu hamil karena akan mengganggu proses pertumbuhan pada janin. Konsumsi obat ini dengan dosisi yang sudah di tetapkan oleh dokter.
2. Insulin
Obat diabetes jenis insulin ini sangat cocok bagi penderita diabetes tipe satu yang kekurangan insulin hingga membutuhkan tambahan insulin buatan. Dari banyaknya jenis diabetes serta tingkat parahnya diabetes, biasanya terapi suntik insulin ini paling sering digunakan.
3. Acarbose
Obat Acrabose ini mempunyai fungsi untuk memperlambat proses perubahan karbohidrat menjadi glukosa yang menyebabkan meningkatnya gula darah. Tapi obat jenis ini tidak disarankan pada penderita diabetes yang berusia dibawah 18 tahun.
4. QNC Jelly Gammat
Penderita penyakit diabetes ataupun kencing manis sangat bagus mengkonsumsi obat ini. Obat ini termasuk dalam jenis obat herbal yang di kemas kusus untuk memudahkan penderita mengkonsumsi obat ini. Obat ini juga tergolong obat yang aman di konsumsi karena di racuik dari bahan alami.
5. Glibenclamide
Fungsi dari obat ini adalah untuk menstabilkan kadar gula darah. Sistem kerja obat ini adalah merangsang pancreas untuk memproduksi insulin lebih banyak supaya gula yang ada di luar darah dapat dibagikan ke sel yang lainnya. Obat ini biasanya berbentuk tablet. Dan untuk mendapat kan obat ini di apotik harus menggunakan resep dari dokter.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan melalui artikel ini mengenai Diabetes. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semuanya ya… Salam sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *