Kesehatan

Obat Sakit Gigi Tradisional Paling Ampuh

Obat Sakit Gigi Tradisional Paling Ampuh 16/04/2018Leave a comment

Sebelum kita membahas mengenai sakit gigi,kita harus tau dulu apa itu sakit gigi dan apa penyebabnya sakit gigi. Sakit gigi adalah suatu keadaan yang terasa sakit didalam gigi atau di area gigi dan rahang. Sakit gigi ada dua tingkatan,ada sakit gigi ringan dan sakit gigi yang parah. Sakit gigi yang ringan biasanya hanya bersifat sementara dan mudah hilang. Sedangkan sakit gigi yang tergolong parah biasanya terasa sampai berhari-hari bahkan membuat kondisi sekitar gigi mengalami pembengkakan. Rasa sakit pada gigi ini timbul secara terus menerus hingga kadang membuat kita susah melakukan aktifitas seperti biasanya. Akibat yang biasanya dialami pada penderita sakit gigi adalah ,demam,pembengkakan pada area gigi,bau mulut akibat infeksi atau adanya pembusukan pada gigi oleh jamur,sakit kepala.

Apasih penyebab sakit gigi ? Sakit gigi ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal,antara lain:
– Penyusutan gusi
– Tukak gusi
– Gusi pecah karena pertumbuhan baru gigi
– Gigi berlubang
– Retakan yang terjadi pada gigi
– Rusaknya tambalan gigi (apabila pernah menambal gigi berlubang)
– Adanya bakteri yang menyebabkan infeksi dari dalam dasar gigi hingga menyebabkan penumpukan nanah.

Diatas tadi adalah hal-hal yang menjadi penyebab sakit gigi. Jika kalian mengalami sakit gigi yang semakin memarah,silahkan periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan secara medis. Akan tetapi anda bisa juga melakukan cara tradisional untuk penyembuhan sakit gigi ini. Bahan alami yang dapat di gunakan untuk obat sakit gigi seperti yang saya sebut di bawah ini,bisa anda sekalian coba membuatnya sendiri dirumah.
1. Daun Sirih, Kombinasi kan daun sirih ini dengan cengkih untuk bahan pengobatan.Cara membuatnya: Rebus cengkih serta daun sirih hingga mendidih.Setelah mendidih diamkan hingga hangat.Gunakan air tersebut untuk berkumur.Lakukan secara teratur agar pengobatan berhasil maksimal.

2. Serei, Cukup dengan menggunakan bahan serei berserta air bersih . Caranya : Rebus satu batang serei dengan 2 gelas air bersih. Biarkan hingga mendidih dan meninggalakan air kira-kira 1 gelas saja. Diamkan hingga hangat. Lalu gunakan air tersebut untuk kumur-kumur. Lakukan secara rutin 2x sehari agar sakit gigi cepat hilang.
3. Jeruk Nipis, Selain dapat menjadi obat untuk sakit gigi,jeruk nipis juga dapat mengobati gusi yang bengkak. Caranya: Peras jeruk nipis dan ambil airnya. Kemudian campur kan air perasan jeruk nipis dengan satu gelas air hangat. Gunakan campuran air tersebut untuk berkumur. Lakukan ini setiap pagi dan malam sebelum tidur agar mempercepat penyembuhan pada sakit gigi.
4. Garam, Garam dapat membantu meredakan sakit atau nyeri pada gigi. Zat anti septic pada garam mampu membunuh kuman dan bakteri yang merusak gigi. Caranya: Campurkan satu sendok garam kedalam satu gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur setiap malam sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar sakit gigi berangsur reda dan sembuh.
5. Bawang Putih, Cara ini cukup mudah juga ,haluskan bawang putih yang telah di kupas dan cuci bersih. Kemudian tempelkan tumbukan bawang putih yang telah halus pada gigi yang sakit. Biarkan hingga 10-15 menit. Kemudian buang bawang putih lalu kumur menggunakan air hangat setelahnya.

Nah,cukup mudah kan mengobati sakit gigi menggunakan bahan tradisional yang ampuh dan alami. Jika dengan salah satu bahan di atas metode ini tidak berhasil menghilangkan sakit gigi dalam waktu 3 hari,maka silahkan periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selamat mencoba.

Obat Sakit Gigi Anak


Sebagai orang tua,kita akan merasa resah dan khawatir jika anak kita mengalami yang namanya sakit gigi. Sebab bagi yang sudah pernah merasakan sakit gigi,amat sangat menyiksa sekali terasa hingga kesemua badan. Apalagi jika ini di alami oleh anak kita,tak bisa di bayangkan sakit yang mereka rasakan. Sakit gigi yang terjadi pada anak,sebaiknya di periksakan ke dokter. Karena penanganan sakit gigi pada anak sangat berbeda dengan dewasa. Karena jika tidak sesuai dapat menimbulkan efek samping yang yang berbahaya bagi anak.
Penyebab sakit gigi pada anak ada bermacam-macam,contohnya: gigi berlubang,gusi bengkak ataupun karena adanya sisa makanan yang menyelip diantara gigi. Periksalah kedalam mulut saat anak merasakan sakit gigi. Cek dengan menggunakan senter. Ambil tindakan untuk menggosok gigi terlebih dahulu kemudia minta anak supaya berkumur menggunakan air hangat yang sudah di campur dengan garam. Karena garam sangat baik untuk meredakan peradangan atau pembengkakan pada gusi.
Jika sakit gigi yang di derita tak kunjung hilang maka segera periksakan ke dokter. Jangan sembarangan membeli obat apotik untuk anak tanpa petunjuk dan anjuran dari dokter. Obat yang di anjurkan untuk anak biasanya di sesuaikan dengan usia anak,karena dosis yang ada pada obat sakit gigi itu berbeda-beda. Jadi untuk konsumsi obat-obatan harus disesuaikan dengan usia anak tersebut. Obat sakit gigi anak selain tablet biasanya berbentuk sirup,seperti ibuproven dan paracetamol. Obat-obat tersebut biasanya untuk diminumkan. Ada obat lain yang bisa di gunakan selain di minum,yaitu dengan cara di oleskan. Obat ini berbentuk gel dan cair. Ada kandungan benzocaine yang berguna untuk meredakan rasa sakit.
Obat yang tidak di anjurkan untuk anak adalah aspirin. Karena bisa mengakibatkan rusaknya jaringan lunak secara fatal, biasanya disebut Sindrom Reye. Maka dari itu,baca selalu komposisi obat sebelum di berikan pada anak,hindari obat yang mengandung aspirin (asetosal atau asam asetilsalisilat).
Mintalah penanganan yang lebih pada dokter apabila sakit gigi pada anak yang disertai sakit kepala,sesak nafas,demam,dll. Penanganan pada sakit gigi biasanya akan di lakukan apabila rasa nyeri atau sakit yang dirasakan telah hilang. Jadi kesimpulannya,tindakan penyembuhan pada sakit gigi itu hanya bisa dilakukan pada saat rasa sakit sudah hilang terlebih dahulu.

Daftar Obat Sakit Gigi di Apotik
Menderita sakit gigi amatlah tidak enak. Rasakit bisa terasa sampai tak tertahankan,kemudian tiba-tiba hilang,lalu muncul kembali secara tiba-tiba. Penanganan pertama yang biasanya dilakukan adalah dengan menggunakan bahan alami di rumah. Akan tetapi kadang hanya bersifat untuk mengurangi rasa sakit saja. Dibawah ini akan saya jelaskan sedikit tentang obat-obat untuk sakit gigi yang bisa kita dapatkan di apotik.
1. Ponstan Tablet
Obat sakit gigi ini dapat dengan mudah kita dapatkan dengan maupun tanpa resep dokter. Obat ini mampu meredakan sakit gigi,gusi bengkak,radang pada gusi untuk dewasa maupun anak-anak. Obat ini tidak di peruntukan bagi orang yang memiliki hypersensitive komponen. Dengan komposisi Asam mefenamat 500mg. Cara mengkonsumsi cukup dengan di telan karena berbentuk tablet. Efek samping yang di timbulkan adalah penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan agranulositosis dan hemolitic anemia.
2. Cataflam Tablet
Ada 3 macam jenis cataflam tablet ini.yaitu 25mg,50mg dan D50mg. Obat ini juga mudah kita dapatkan meskipun tanpa resep dari dokter. Komposisi yang ada di dalamnya adalah kalium diclofenac 25mg dengan fungsi dapat meredakan nyeri serta mengatasi radang.Obat ini juga bermanfaat sebagai obat rheumatic,nyeri dismenora dan osteoarthritis.Cara mengkonsumsinya cukup di minum karna ini adalah tablet. Konsumsi setelah makan. Efek samping yang biasanya ditimbulkan adalah sesak nafas (tapi jarang sekali muncul sesak nafas yang terjadi).
3. Cataflam Drops
Cataflam drop adalah obat tipe terbaru yang dapat di konsumsi oleh anak. Hampir sama fungsinya dengan cataflam tablet,hanya cara mengkonsumsinya yang berbeda. Obat ini kusus untuk anak berusia diatas 6 th,dengan dosis 2mg. Dikemas dalam bentuk botol. Tidak di anjurkan bagi penderita hipersensitif komponen,ibu hamil dan menyusui. Efek samping obat ini adalah sesak nafas,vertigo dan mual. Obat ini tergolong obat anti inflamasi non steroid.
4. Anastan Forte
Obat ini di percaya ampuh obati sakit pada gigi. Jika pembaca sulit mengatasi sakit gigi dengan penanganan sederhana di rumah,silahkan ke apotik dan membeli obat jenis ini. Obat ini mampu meredakan nyeri pada sakit gigi dengan cepat. Apalagi sakit gigi yang di karenakan gigi berlubang. Komposisi dalam obat ini adalah asam mefenamat yang bermanfaat untuk mengatasi nyeri gigi maupun nyeri gigi,migraine,sakit kepala,dismenora dan menoragia. Efek samping yang bisa terjadi adalah mual (masih jarang). Cara mengkonsumsi nya di minum setelah makan. Obat ini juga tidak di peruntukan bagi penderita hypersensitive komponen terhadap obat.
5. Dentasol.
Gigi bengkak,gigi berlubang maupun nyeri pada gusi bisa kita obati dengan obat ini. Obat ini cukup mudah di gunakan dengan cara berkumur. Dentasol juga bersifat sebagai obat untuk pencegahan. Komposisi yang ada dalam Dentasol ini adalah,benzocain,mentol,kamfer,fenol dan setilpiridinium klorida yang berguna untuk mengatasi serta mencegah radang gusi,sakit gigi dan sariawan. Obat ini selain dapat digunakan dengan cara berkumur,bisa juga dengan cara di oleskan. Efek samping dari obat ini adalah muntah. Jangan menelan obat ini karena hanya bisa digunakan untuk berkumur.

Nah,itu adalah jenis obat sakit gigi yang bisa kita dapatkan di apotik untuk mengatasi sakit gigi yang menyerang secara tiba-tiba. Terapkan pola hidup sehat dengan makanan yang sehat agar kita terhindar dari sakit gigi. Karena penyakit satu ini memang amatlah tidak nyaman bagi penderitanya. Semoga informasi-informasi yang saya sampaikan di atas berguna buat pembaca semua ya. Salam sehat selalu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *