Lain-Lain

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan 12/04/2018Leave a comment

Orang tua selalu ingin mendapat moment special dalam menghadapi perkembangan bayi nya. Pada usia dalam kandungan hingga menjadi dewasa kana menjadi kenangan sendiri tiap detiknya bagi orang tua.

Disini yang akan saya bahas adalah mengenai perkembangan pada bayi di usia 3 bulan. Pada masa ini tak kalah menarik pada bayi di usia 1 atau 2 bulan. Usia ini terlihat akan sangat semakin menarik. Lucu nya sang buah hati akan makin mewarnai hidup kita sebagai orang tua.

Nah,yukk kita lanjutkan membaca hal hal yang perlu kita ketahui mengenai perkembangan pada bayi usia 3 bulan,

1. Fisik Bayi

Pertama-tama untuk pertumbuhan fisik bayi usia 3 bulan ini adalah semakin kuatnya otot pada leher dan kepala bayi. Lalu disususl dengan otot lengan dan dada. Kebanyakan pada bayi akan berusaha menggerakan tangan. Dan mereka telah mampu menahan beabada pada perut. Makin kuat nya otot kaki hingga mereka sudah mulai bisa menggerakan kaki dengan semakin aktif. Bayi juga memiliki kemampuan untuk menggerakan bagian tangan dengan dukungan mainan yang di pegang. Selanjutnya akan tampak saat tangan bayi sudah mulai mampu menggerakan tangannya dengan cara memasukkan benda yang di genggam kedalam mulut. Bayi juga mulai mampu mengkoordinasikan gerakan hingga tampak seimbang. Insting bayi terhadap sesame bayi juga mulai muncul dengan tampaknya bayi bisa saling senyum atau menangis jika bertemu dengan bayi lain.

2. Pertumbuhan Sensorik Bayi

Pada usia ke 3 bulan ini perkembangan sensorik pada bayi meliputi. Kemampuan pendengaran yang semakin baik contohnya respon saat nama bayi disebutkan ,bayi akan berusaha mencari sumber arah suara. Kemudian pertumbuhan insting rasa,penglihatan bayi yang semakin berkembang dengan senang nya dia melihat warna-warni yang berbeda-beda. Kemajuan interaksi yang sangat baik terhadap pandangan mata. Berkembang nya indra perasa bayi tampak pada saat bayi mengenali sebuah sentuhan. Perkembangan pada otak pun mulai bertambah. Terbukti pada saat munculnya respon dari si bayi saat mereka dapat menyentuh suatu benda yang menggantung lalu bergerak. Mereka akan selalu mengikuti gerak barang yang mereka sentuh.

3. Emosi Pada Bayi

Tahap menangis pada bayi yang mulai berubah. Dari yang awalnya lama menangis,kini menangis akan menyesuaikan saat iya merasa geram atau senang. Bayi telah dapat mengenali orang asing. Mereka dapat memberikan respon bahagia atau menangis saat bertemu dengan wajah baru. Bayi juga memiliki keinginan untuk melihat suasana lain,luar rumah ataupun tertarik dengan hal baru seperti mainan. Bayi mulai akan memiliki ciri-ciri dari pribadi mereka. Mereka dapat menggambarkan suasana hati mereka saat senang dengan tertawa dan berteriak dan sebagainya.

Ketiga hal diatas yang dapat kita amati disaat pertumbuhan bayi pada usia 3 bulan. Terus pantau perkembangan pada bayi serta kenali perkembangan bayi sesuai usia secara teliti agar kita tau apa yang baik di lakukan jika bayi kita tidak mengalami hal yang seharusnya. Artinya,segera hubungi dokter anak untuk lakukan konsultasi serta pengecekan jika dalam usi 3 bulan,bayi tidak memiliki ciri perkembangan seperti yang saya sebutkan di atas.

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Perkembanag pada bayi sungguhlah amat menyenangkan bagi Iorang tua. Hari demi hari,perkembangan pada bayi mulai tampak mengejutkan. Bertambahnya aktifitas lucu dan menggemaskan membuat orang tua semakin bahagia melewati hari bersama bayi nya.

Kini,saya akan membahas mengenai beberapa perkembangan bayi pada usia 5 bulan. Hal ini pun kita perlu perhatikan. Mari kita lanjut bacanya ya…

1. Belajar berguling

Perkembangan seperti ini tentunya akan membuat para orang tua takjub dan bahagia. Seiring berkembangnya otot pada tangan dan kaki,membuat bayi suka menggerakan badan hingga berguling.

2. Belajar Merayap dan Merangkak

Setelah pandainya sang bayi berguling kian kemari ,dengan di dukung semakin kuat nya otot leher bayi untuk bergerak dan bangun. Bayi akan mencoba bergerak merayap dengan menggunakan kekuatan yang di bebankan pada otot lengan kaki dan perut. Mereka mulai semakin aktif mencoba menghampiri apapun yang mereka rasa menarik untuk di gapai.

3. Belajar Duduk

Perkembangan yang satu ini tak kalah menarik,yaitu setelah bayi merasa lancer merayap/merangkak,mereka akan mulai belajar duduk menggunakan otot pada tubuh bayi. Itu menunjukan bahwa otot pada leher tangan dan kaki semakin kuat. Orang tua bayai dapat membantu bayi bertahan dengan posisi duduk dengan cara mengganjal dengan bantal bagian belakang bayi. Selalu awasi bayi saat bayi berusaha banyak bergerak. Berjaga kalau-kalau bayi kehilangan keseimbangan saat melakukan aktifitas.

Diatas adalah 3 macam ciri perkembangan yang terjadi pada bayi usia 5 bulan. Perhatikan selalu perkembangan bayi agar kita mudah menuntun serta membantu bayi dalam tumbuh kembangnya.

Perkembangan Bayi 9 Bulan

Menginjak usia yang memasuki bulan ke 9,pertumbuhan aktif bayi dapat kita lihat memalui,mulainya bayi belajar dan aktif terhadap mainannya. Mereka akan sangat senang bermain sambil belajar. Rasa ingin tahu bayi dan aktifitas bayi mendukung bayi semakin berkembang dengan baik.

Pada usia bayi menginjak 9 bulan, bayi biasanya mulai menyukai hal yang berbau bongkar pasang. Sebagai contoh,bayi akan mulai gemar membuka lalu memasang kembali mainan pada tempatnya. Atau lebih jelasnya , bayi yang sudah bisa menaruh atau meletakkan barang pada tempatnya.mengambilnya kembali lalu kemudian meletekkannya kembali. Sang bayi juga mulai terbiasa memberikan sesuatu kepada teman bermain nya,seperti ibunya. Lalu meminta/mengambil kembali lalu kembudian memberikannya kembali kepada teman bermainnya.

Bayi juga akan mulai belajar untuk berbicara. Mengeluarkan suara yang singkat seolah dia ingin menyampaikan sesuatu atau bertanya.

Sang bayi juga lebih dapat mulai merasaakan cemas atu takut akan di tinggalkan. Contohnya respon saat melihat ibu atau teman bermainnya beranjak,dia pasti akan tampak cemas, cemas akan di tinggalkan sendirian hingga dia menangis.

Untuk dapat mencapai perkembangan pada pertumbuhan anak di usia 9 bulan, maka sebagai orang tua dapat memberikan pelatihan kecil yang mendidik seperti hal-hal di bawah ini supaya pertumbuhan bayi akan lebih optimal.

1. Gerakan Motorik Kasar

Contohnya bermain bola. Ajaklah si kecil bermain bola. Gunakan berbagai ukuran bola (hindari bola ukuran paling kecil agar tidak di telan). Ajari bayi melemparkan atau menggelindingkan bola ke arah kita. Dan respon baliknya.

2. Gerakan Motorik Halus

Contohnya menyusun balok. Berbagai bahan yang dapat di gunakan untuk bermain dengan bentuk kotak agar memudahkan bayi dapat belajar menyusun. Ajari si kecil mulai menyusun barang dari meletakkan barang di bawah lalu susun menjadi sebuah susunan yang tinggi. Itu akan melatih motorik halus pada bayi.

Demikianlah hal-hal yang dapat kita lihat dan perhatikan pada bayi yang berusia 9 bulan. Masih banyak hal lain yang pastinya mempunyai kesan menarik tentunya pada masing-masing bayi. Jangan lelah memantau dan mengajari bayi supaya makin berkembang. Ajari hal hal positif dan mudah di pahami bayi di setiap harinya supaya bayi menangkap apa yang orang tua ajarkan .

Semoga artikel ini berguna bagi para pembaca semuanya. Kita akan lanjutkan pada artikel berikutnya tentang pertumbuhan pada bayi selain yang sudah saya sampaikan di artikel ini. Salam sukses dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *