Kesehatan

Posisi Menyusui Yang Benar

Posisi Menyusui Yang Benar 13/04/2018Leave a comment

Menyusui bayi adalah hal yang lumrah pada umumnya. Menyusui yang baik itu dilakukan selama bayi baru lahir hingga sampai 2 tahun lamanya. Asi dipercaya sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Asi mengandung banyak sekali nutrisi baik bagi bayi. Pemberian asi exclusive pada bayi hingga 6 bulan lamanya ,akan menghambat penyakit yang menyerang pada bayi seperti,radang pada pencernaan,radang paru-paru,ganggua telinga serta dapat membantu kecerdasan otak pada bayi.

Beberapa ibu-ibu ada yang merasa kesulitan pada proses menyusui bayi. Jangan salah loh pembaca,menyusui juga memilihi cara yang benar dan tidak bisa asal memberikan Asi pada bayi. Berikut dibawah ini saya akan sedikit menjelaskan tentang cara menyusui bayi yang benar. Yaitu:

1. Kondisikan supaya posisi duduk benar-benar nyaman (ibu dan bayi). Pastikan kepala bayi berada lebih tinggi dari tubuhnya. Posisikan hidung bayi tepat berada didekat puting susu. Hal ini akan merangsang bayi untuk membuka mulut.

2. Saat mulut bayi sudah terbuka. Dekat kan mulut bayi kearah putting susu. Pastikan mulut bayi benar-benar terbuka dan putting susu dapat masuk kedalam mulut bayi.

3. Pastika perlekatan asimetris antara ibu dan bayi. Yaitu posisi mulut bayi yang bukan hanya melekat pada putting susu melainkan hingga area bawah putting secara lebar melekat pada bagian bibir bayi.

4. Saat bayi menyusu ibu tidak akan merasakan sakit/nyeri. itu berarti tahap ke 3 yang sudah sesuai dengan cara menyusui yang baik.

5. Jika merasa nyeri,hentikan kemudian masukan jari kelingking hingga menyentuh gusi dan putting susu. Kemudian ulangi lagi.

6. Proses menyusui biasanya berlangsung hingga 5-40 menit. Dibutuhkan adaptasi pada umumnya memang bagi bayi untuk menyusu dengan lancer.

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Makanan yang sehat akan mempengaruhi kandungan Asi didalamnya. MAka dri itu ,ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan sehat untuk menghasilkan Asi yang baik untuk bayi. Jika menginginkan bayi kita tumbuh sehat,lincah dan cerdas,tentunya ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan yang tidak hanya kaya akan gizi,tapi juga nutrisi protein dan vitamin yang cukup untuk membantu proses pertumbuhan baik pada bayi.

Berikut ini adalah macam makanan yang baik untuk ibu menyusui,simak ya..

1. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak ini biasanya diperkaya oleh vitamin B dan D serta protein yang cukup. Selain itu kandungan kalsium dalam susu ini selain baik untuk bayi juga baik untuk ibu menyusui. Susu ini bermanfaat sebagai kalsium yang menguatkan tulang ibu. Bayi yang mengkonsumsi asi ini pun juga akan ikut merasakan kalsium untuk masa pertumbuhan si bayi tersebut. Jadi rajinlah mengkonsumsi susu selain makanan yang cukup.

2. Daging Sapi

Daging sapi menjadi sumber zat besi. Mengkonsumsi daging yang cukup baik bagi ibu hamil untuk kebutuhan tubuhnya. Biasanya ibu menyusui rentan akan anemia. Maka dari itu daging ini pun bermanfaat untuk menjaga kestabilan kesehatan tubuh ibu.

3. Kacang Merah

Kacang merah ini juga makanan yang baik untuk ibu menyusui. Pasalnya karena kacang merah mempunyai protein yang cukup serta menghasilkan zat besi yang cukup untuk ibu menyusui supaya terhindar dari anemia.

4. Beras Merah

Nasi putih dikenal mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi. Maka dari itu ibu melahirkan yang biasanya tampak makin gemuk,dapat mengganti nasi putih dengan mengkonsumsi nasi merah. Selain rendah akan glukosa tapi kandungan karbohidrat dalam beras merah mampu mencukupi kebutuhan ibu dan memberikan cukup energy untuk menyusui tanpa berdampak makin gemuk. Karena kegemukan yang terjadi biasanya mengarah pada obesitas. Untuk itu,memang lebih baik jika kita mengganti mengkonsumsi nasi putih dengan mengunakan beras merah.

5. Kacang Hijau

Selain bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh kita,kacang hijau ternyata baik juga untuk melancarkan ASI. Konsumsi air rebusan dari kacang hijau setiap hari agar produksi Asi lancar untuk bayi.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan DHA yang selain baik untuk kesehatan ibu menyusui ,kandungan yang ada di dalam ikan salmon juga menjadikan ASI sebagai vitamin yang sangat baik untuk tingkat kecerdasan bayi dan pertumbuhan syaraf pada bayi. DHA yang terkandung dalam ikan salmon jauh lebih baik dibanding DHA yang ada pada adi biasanya. Maka dari itu mengkonsumsi ikan salmon sangat lah baik untuk lebih memperkaya DHA yang ada di dalamnya supaya meningkatkan kebutuhan ibu dan bayi.

7. Kuning Telur

Kuning telur mengandung vitamin D yang tinggi. Manfaatnya adalah menjaga tulang ibu supaya terhindar dari pengeroposan tulang dan menjaga tulang supaya lebih kuat. Selain vitamin D,kuning telur juga mengandung protein yang tinggi untuk ibu dan bayi.

8. Air Putih

Kekurangan oksigen dalam tubuh amat sangat tidak baik bagi kesehatan. Cara melancarkan oksigen tersebut adalah dengan cara memperbanyak minum air putih. Segala makanan yang kita konsumsi pun akan jauh lebih bekerja dengan baik dengan di dampingi minum air putih,karena tanpa mengkonsumsi minuman air putih,tentunya sangat mustahil makanan yang di konsumsi bermanfaat dengan baik bagi tubuh.

9. Brokoli

Kandungan asam folat yang cukup banyak pada sayur brokoli ini,dipercaya dapat membantu pembentukan otak yang cerdas untuk bayi. Banyak manfaat yang ada pada brokoli ini. Supaya kualitas ASI menjadi tinggi, rajinlah mengkonsumsi brokoli dengan macam sayur yang lain sebagai pendukung.

Makanan-makanan yang telah saya sebutkan di atas adalah sebagian kecil yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini. Masih banyak jenis makanan yang berupa sayur dan buah yang sangat baik di konsumsi oleh ibu yang tengah hamil ataupun menyusui. Dan akan saya jelaskan lebih banyak lagi di artikel saya berikutnya. Jadi terus baca ya…

Makanan Untuk Memperbanyak ASI

Peran ASI memang sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Cukup baik nya ASI tergantung ada makanan yang di konsumi oeh ibu menyusui.

Disini saya akan menjelaskan tentang beberapa jenis makanan yang berguna untuk memperbanyak ASI serta melancarkan ASI. Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Buah Pepaya

Pepaya mempunyai kandungan 33 vitamin dan 50 kalium didalamnya hingga buah ini baik dan dipercaya mampu memperbanyak ASI. Pepaya sangat kaya akan kalium yang berguna untuk menjaga kestabilan tubuh dan menghindarkan ibu dari tekanan depresi.

2. Edamame

Edamame mengandung bebagai zat,yakni:asam folat.vitamin K,zat besi,vitamin C,kalium,fosfor dan masih banyak lagi. Hingga edamame sangat bagus untuk menambah ASI serta mencukupi kebutuhan protein dalam ASI setiap harinya.

3. Kacang Almond

Kacang almond mempunyai kandungan yang berfungsi menambah produksi ASI. Kandungan kalium dalam kacang almond juga sangat bagus meningkatkan kualitas ASI yang di peroleh. Jadi selain rasanya yang enak,kacang almond juga sangat baik mencukupi kebutuhan yang di perlukan bayi dari ASI.

Masih banyak makanan yang berguna dan mampu memperbanyak produksi ASI.

Saya akan menjelaskan lebih lanjut dalam artikel artikel berikutnya.

Sekian artikel saya kali ini,dan kita akan sambung lagi pada artikel berikutnya ya. Jadi,jangan bosan untuk terus membaca informasi-informasi penting lainnya.

Semoga informasi yang saya sampaikan dapat menjadi manfaat yang cukup dan baik bagi semua pembaca. Salam sukses dan sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *