Lain-Lain

Tips Puasa Bagi Penderita Penyakit Maag

Tips Puasa Bagi Penderita Penyakit Maag 20/04/2018Leave a comment

Seperti yang kita tau, penyakit maag adalah penyakit akibat adanya gangguan pada lambung. Sakit maag ini sering kali menyerang orang yang tidak teratur dalam hal makan. Pola makan yang salah akan mengakibatkan terjadinya sakit maag. Gejala sakit maag ini cukup mengganggu si penderita, karena munculnya rasa perih dan sakit pada ulu hati yang tentunya mengganggu aktifitas si penderita.

Timbulnya maag memang biasanya di picu oleh faktor pola makan yang tidak teratur, pola makan yang kurang sehat, stress dan konsumsi makanan/ minuman yang memang menimbulkan meningkatnya asam lambung.Mengingat mendekati bulan puasa, bagaimana cara menyikapi masalah sakit maag ini? Apakah diperbolehkan atau tidak orang yang memiliki sakit maag untuk puasa? Bahaya atau tidaknya orang yang sakit maag tapi tetap menjalankan ibadah puasa?

Saat berpuasa selama seharian, tentunya kondisi lambung akan kosong, padahal tingkat asam lambung akan naik jika lambung dalam waktu 6jam tidak terisi makanan. Akan tetapi sebenarnya jika pengaturan makanan benar, tentunya untuk menjalankan ibadah puasa tidaklah menjadi masalah bagi penderita maag sekalipun.

Saya akan sedikit menjelaskan tentang beberapa tips agar penderita maag juga tetap bisa berpuasa, berikut penjelasannya :

  1. Konsumsilah jenis makanan yang mengandung serat, nutrisi, karbohidrat, kalium dan magnesium, contohnya: kurma, pisang dan kacang almond. Makanan ini sangat baik bagi tubuh saat berpuasa.
  2. Hindari kembali tidur setelah makan sahur, karena tidur setelah makan sahur hanya akan meningkatkan asam lambung dan gerak peristaltik pankreas,
  3. Hindari konsumsi minuman yang mengandung gas, seperti minuman soda, anggur dan kopi, minuman beralkohol, sari buah citrus atau susu full cream. Karena minuman tersebut hanya akan menjadi pemicu meningkatnya asam lambung.
  4. Hindari makanan yang juga terlalu banyak mengandung gas dan serat, seperti sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong ataupun buah yang dikeringkan. Makanan yang banyak menganduk lemak seperti : gorengan, kue tart, keju dan coklat. Makanan yang dapat merusak dinding lambung seperti : makanan pedas, merica, cuka.Makanan dengan sumber karbohidrat seperti ubi singkong, dodol, jagung, beras ketan, mie bihun dan talas.
  5. Saat sahur, pilih makanan yang dapat di cerna secara lambat. Dengan maksud rasa kenyang akan bertahan sedikit lebih lama.
  6. Mencukupi kebutuhan konsumsi air putih hingga 2 liter saat buka puasa hingga sahur. Minimal konsumsi air putih hingga 8 gelas.
  7. Saat berbuka puasa, segerakanlah berbuka dengan minum air terlebih dahulu, alangkah lebih baik konsumsi makanan dengan porsi kecil tapi sering dari pada sekaligus makan dalam porsi besar. Ini dimaksudkan agar lambung bisa menyesuaikan fungsinya secara normal.

Sebelum penderita maag memutuskan akan berpuasa atau tidak mengingat gejala maag yang di derita, alangkah lebih baik berkonsultasi dulu pada dokter supaya lebih jelas kita mengetahui aman atau tidaknya mengikuti ibadah puasa saat kita menderita penyakit maag.

Diatas adalah tips yang bisa saya sampaikan supaya penderita maag dapat tetap mengikuti ibadah puasa dengan nyaman. Semoga informasi tadi cukup membantu bagi para pembaca yang mungkin menderita penyakit maag tapi masih bingung untuk mengikuti ibadah puasa atau tidaknya nanti saat tiba Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat ya..

Menu Sahur Penderita Sakit Maag

Bagi penderita penyakit maag tentunya memiliki menu yang berbeda dengan yang lain. Hal ini dikarenakan, untuk pencegahan terhadap munculnya/ kambuhnya penyakit maag disaat menjalani puasa. Selain itu, membedakan menu makanan sahur bagi penderita penyakit maag ini bertujuan agar menjaga stamina tubuh agar tetap bugar. Menyiapkan menu sahur yang pas bagi penderita maag tentunya mempunyai maksud agar sakit maag tidak semakin parah. Untuk dapat mengikuti ibadah puasa seharian penuh, tentunya memang menyiapkan menu sahur yang tepat adalah langkah yang benar bagi penderita penyakit maag.

Adapun menu makan sahur yang di anjurkan bagi penderita penyakit maag adalah sebagai berikut,

  • Minum sari kacang kedelai sebanyak satu gelas ( rebus kacang kecedelai hingga benar-benar hancur lalu saring ambil sarinya).
  • Makan menggunakan nasi yang sedikit lunak/lemas dengan lauk yang sesuai selera tapi aman bagi lambung.
  • Banyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi saat puasa
  • Banyak mengkonsumsi pisang yang mempunyai kandungan kalium, karbohidrat dan magnesium.
  • Konsumsi makanan yang berserat tinggi, dengan tujuan agar rasa kenyang juga bertahan lebih lama.
  • Konsumsi buah kurma. Buah ini kandungan seratnya cukup tinggi , buah kurma juga kaya akan karbohidrat, vitamin, kalium, magnesium, dan masih banyak lagi. Hingga buah kurma ini memang cocok menjadi menu sahur bagi penderita penyakit maag.
  • Kacang almond juga baik bagi kondisi tubuh penderita maag karena kacang almond mempunyai protein dan serat yang tinggi hingga baik di konsumsi penderita maag.
  • Menyesuaikan lauk untuk menu makan sahur dengan benar yaitu menghindari lauk yang di goreng. Upayakan makan lauk yang di rebus/ panggang matang ataupun di masak dengan kuah seperti sayur.
  • Pilah-pilah sayur yang memang baik di konsumsi pada saat sahur oleh penderita maag, seperti sayur labu siam yang di masak dengan garam atau di tumis, semur kentang dan tahu putih, sayur sop yang masak tanpa merica.

Menu Berbuka Penderita Sakit Maag

Setelah kita membahas mengenai menu makan sahur bagi penderita sakit maag, sekarang kita akan lanjutkan menu buka puasa yang tepat bagi penderita sakit maag. Setelah seharian kita menahan lapar dan dahaga tentunya menjelang saat berbuka banyak yang ingin kita nikmati sekaligus untuk megisi kekosongan perut, akan tetapi bagi penderita sakit maag ini, haruslah berhati-hati memilih menu buka puasa hingga tidak akan menyebabkan munculnya sakit maag yang di derita.

Untuk mengawali buka puasa bagi penderita maag ini baiknya mengkonsumsi cukup air putih lalu memakan buah seperti pepaya untuk mengawali makan.Buah pepaya ini sangat aman dan bertujuan sebagai pereda nyeri lantaran seharian telah berpuasa.

Untuk mengurangi rasa sakit maag ,setelah kita makan buah pepaya secukupnya, alangkah lebih baik kita mengkonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda sangat baik untuk mengurangi sakit pada penderita maag. Jangan mengkonsumsi minuman seperti susu karena susu mengandung lemak, bisa jadi hanya akan menjadi pemicu munculnya nyeri pada penderita maag jika mengkonsumsi minuman yang mengandung lemak.

Pilihlah menu lauk pauk yang tidak mengandung lemak, seperti tahu dan tempe, atau juga bisa mengkonsumsi telur rebus atau ceplok dan ikan. Pilihsayur yang memang baik di konsumsi bagi penderita maag seperti brokoli, wortel dan labu. Upayakan makan dengan nasi yang dimasak sedikit lembek. Hingga memudahkan lambung dalam mencerna makanan.

Hindari sayur yang bersantan ataupun yang terlalu pedas, karena makanan tersebut juga bisa menjadi pemicu kambuhnya sakit maag. Jnagan lupa selalu konsumsi obat maag secara teratur saat makan sahur atau berbuka puasa, tentunya ini bertujuan untuk menjaga lambung agar tidak sakit serta mengobati kondisi lambung agar lebih baik.

Demikian yang bisa sampaikan, semoga ini bermanfaat bagi para pe4mbaca semua. Salam sehat sejahtera selalu…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *