Lain-Lain

Tips Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Tips Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa 20/04/2018Leave a comment

Sebentar lagi akan masuk bulan suci Ramadhan, bulan penuh berkah dan hidayah Allah. Bulan penuh ampunan. Tentunya dibulan suci ramadhan tentulah semua umat muslim menjalankan ibadah puasa. Karena puasa hukumnya adalah wajib bagi umat muslim.

Selama puasa di bulan Ramadhan kita berpuasa menahan haus dan lapar, tentunya banyak yang merasa tidak bersemangat, lemah, dan bermalas-malasan, bawaannya cuma maunya tidur dan mager karena kurangnya stamina. Tidur memang termasuk ibadah, akan tetapi bukan berarti kita harus tidur seharian penuh untuk habiskan waktu menjelang berbuka puasa. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pahala semata di bulan suci ini, jadi alangkah rugi nya jika selama bulan puasa hanya kita gunakan untuk tidur dan bermalas-malasan.

Supaya tidak mengganggu kegiatan/ aktifitas keseharianmu, berikut tips supaya kita semua dapat tetap terlihat sehat dan bugar tiap hari.

 1. Sahur, Sahur adalah saat yang paling tepat untuk kita mengisi energy, agar tubuh kita siap menghadapi puasa seharian penuh. Selain sangat penting, makan sahur juga berpahala. Dengan memakan menu sahur yang tepat n cukup tentunya tubuh kita akan siap menjalankan ibadah puasa selama seharian penuh.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan saat sahur:

  • Lebih baik makan sahur tidak terlalu awal, supaya dapat menjaga ketahanan perut agar tidak mudah lapar, mencegah untuk kembali tdur setelah sahur.
  • Konsumsi makanan yang tinggi akan serat dan protein, supaya tubuh kita tetap sehat,segar dan bugar selama puasa.
  • Kurangi konsumsi makanan berminyak ataupun berlemak,
  • Minum susu dan juice buah untuk melengkapi kebutuhan vitamin dalam tubuh.
  • Untuk menghindari malas dalam beraktifitas, jangan makan terlalu kekenyangan.

2. Berbuka, Berbuka adalah saat dimana kita kembali mengisi energy kita setelah seharian berpuasa, adapun yang perlu di perhatikan saat berbuka, yaitu:

  • Hindari langsung makan makanan yang berat dalam posrsi banyak, ini dimaksudkan agar lambung tidak kaget, serta lambung mudah menyesuaikan aktifitas berdasarkan fungsi lambung seperti biasanya.
  • Jangan gunakan prinsip “balas dendam” saat berbuka puasa. Banyak orang berubah menjadi lebih gemuk saat puasa di karenakan tidak pandai mengatur pola makannya. Biasanya mereka menggunakan prinsip ” balas dendam” untuk memenuhi hasrat akan makan dan minum. Setelah seharian berpuasa tentunya saat berbuka ingin sekali memakan segala makanan yang ada dan beraneka ragam. Ini justru akan membuat kondisi tubuh tidak sehat.
  • Konsumsilah makanan atau minuman yang manis tiap kali mengawali buka puasa secukupnya saja, guna menstabilkan kadar gula darah yang menurun karena puasa.
  • Hindari minum es saat berbuka,karena minuman dingin ternyata akan menyulitkan tubuh untuk mencernanya.

3. Perbanyak Air Putih

Mengkonsumsi air putih secara cukup sangat lah di anjurkan. Upayakan tetap mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari. Saat berpuasa tentunya kita harus menahan haus, dan menahan haus merupakan hal yang lebih sulit dari pada menahan lapar. Menahan haus kadang dapat menimbulkan dehidrasi hingga muncul keluhaan seperti sariawan, bibir kering dan pecah- pecah dan lain-lain. Tentunya hal ini membuat tubuh menjadi makin lemas. Maka dari itu disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih selama waktu berbuka hingga sahur. Bukan berarti kita harus mengkonsumsi air putih sekaligus melainkan meminum air putih secara berkala selama waktu buka hingga sahur. Sangat di anjurkan juga memakan buah-buahan yang mengandung banyak air. Pasokan air dalam tubuh yang cukup dapat membantu kita tidak kekurangan cairan, hingga puasa pun juga lancar.

4. Sholat Tarawih,  Sholat tarawih bukan hanya bertujuan untuk ibadah kepada Allah semata, akan tetapi gerakan pada sholat tarawih pun membantu kita mencerna makanan yang kita konsumsi saat mulai berbuka hingga kita tidak akan merasakan sakit perut karena lambung yang kaget karena seharian telah berpuasa. Selain itu sholat tarawih juga dimaksudkan agar kita tidak tertidur dalam posisi perut kenyang usai berbuka puasa.

5. Hindari Soda, minuman bersoda tidak lebih baik dari pada air putih. Selain minuman bersoda mengandung gas yang memang tidak baik bagi tubuh, minuman bersoda akan membuat konsumsi air putih yang mengandung mineral penting bagi tubuh juga otomatis berkurang.

6. Olah Raga, Untuk tetap menjaga supaya tubuh tetap segar dan bugar, tentunya kita tetap harus melakukan aktifitas olahraga. Hanya saja kita perlu mengubah waktu dan mengurangi intesitas olahraga. Pada intinya kita tetap membutuhkan olah raga supaya tubuh kita tetap segar dan sehat meskipun kita sedang puasa. 

7. Perhatikan Makanan, Perhatikan menu makanan berbuka dan sahur. Tentunya pilih makanan yang banyak mengandung gizi akan tetapi pilih makanan yang membutuhkan waktu lama saat di cerna oleh usus, supaya membantu kita tetap kenyang dan tidak mudah lemas karena lapar saat menjalanakan ibadah puasa. Msalna ph maknan sepert kacang-kacangan, oat, gandum dan makanan berprotein. Atau bisa juga makan makananan yang kaya akan serat. Karena makanan berserat dapat membantu kita menjaga kesehatan saat berpuasa, makanan yang mengandung serat biasanya juga lebih lama di cerna oleh usus. Dengan demikian kita akan terbantu saat seharian melaksanakan ibadah puasa.

Demikianlah beberapa tips untuk tetap sehat dan bugar saat kita berpuasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua dan selamat memasuki bulan penuh rahmad dan ampunan. Selamat memasuki Bulan Ramadhan ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *